KTP Warga Genting Dicetak Ulang


IST/Bengkulu Ekspress CETAK ULANG : Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, Ayatul Mukhtadin SH menyerahkan e-KTP dan KK kepada warga Desa Genting, Minggu (12/5).

BANG HAJI, Bengkulu Ekspress – Hilangnya tanda kependudukan warga Desa Genting, Kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akibat banjir 26 April lalu, direspon cepat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Benteng dengan mencetak ulang tanda kependudukan warga tersebut.

“Sesuai dengan instruksi Pak Bupati, pasca bencana kami langsung mendata warga yang mengalami kehilangan data kependudukan,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, Ayatul Mukhtadin SH melalui Sekretaris Dinas, Adnan Kasidi SE, kemarin.

Dari hasil penelusuran dan koordinasi dengan Kepala Desa (Kades), kata Adnan, hampir sebagian besar warga kehilangan tanda kependudukan. Betapa tidak, banjir yang terjadi telah membuat rumah warga digenangi air secara total. “Beberapa dokumen yang diketahui hilang meliputi, 95 lembar kartu keluarga (KK), 222 keping e-KTP dan 122 akta kelahiran,” ungkap Adnan.



Dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki, proses pencetakan data kependudukan tak bisa dilakukan secara sekaligus. Melainkan, secara bertahap sesuai dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng.

“Pada Minggu (12/5) malam, beberapa dokumen kependudukan sudah kami serahkan ke masing-masing warga. Yakni, 90 lembar KK dan 63 keping e-KTP. Penyerahan dokumen kependudukan yang sudah dicetak diserahkan langsung oleh pak Bupati sembari berbuka bersama warga Desa Genting,” demikian Adnan.(135)