KTM Lagita Macet

Edy Suprianto, ST MTARGA MAKMUR, BE – Anggaran pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Lagita Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tak lagi dikucurkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Akibatnya, proyek tersebut kini menjadi macet total. Hal ini diakui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) BU, H Edy Suprianto ST MT.
“KTM Lagita, setiap tahun selalu kita usulkan. Tapi kita kurang tahu pasti, mengapa kementerian tidak mengalokasikan dana lagi,” kata Edy.
Dikatakannya, untuk membantu pembangunan KTM Lagita tersebut, Pemkab BU sudah mengucurkan dana Rp 2 miliar. Selain itu BU juga sudah mencarikan lokasi yang strategis untuk pembangunan proyek tersebut. Seharusnya, katanya, daripada KTM Lagita terbengkalai seperti ini, lebih baik pemerintah mengeluarkan moratorium pembangunan KTM Lagita yang baru.
“Tapi, harapan kita KTM tersebut bisa kembali dilanjutkan pembangunannya, karena tahun ini, KTM BU termasuk 10 KTM yang menjadi prioritas utama pemerintah pusat,” katanya.
Menurut Edy, pihaknya hanya berharap hal tersebut bisa terealisasikan. Tapi ia juga sedikit pesimis dengan akan digabungnya dua kementerian. Yakni Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi digabung dengan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. “Mudah-mudahan dengan digabungnya kementerian tersebut, dana KTM Lagita masih akan tetap dilanjutkan,” imbuhnya.
Menurutnya, dengan digabungnya dua kementerian tersebut tentunya akan ada perubahan restruktur organisasi. Hal inilah yang membuatnya pesimis, apakah pembangunan KTM Lagita yang terbengkalai akan bisa dilanjutkan atau tidak. (927)