Kreatifitas Buat SMANLI Banyak Prestasi

Pembukaan Cendana Fair ke XVI SMAN 5 Kota Bengkulu, di halaman sekolah SMAN 5, kemarin (24/1), ditandai dengan tokok dol bersama.
Pembukaan Cendana Fair ke XVI SMAN 5 Kota Bengkulu, di halaman sekolah SMAN 5, kemarin (24/1), ditandai dengan tokok dol bersama.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 atau yang dikenal dengan sebutan SMANLI Kota Bengkulu, menggelar Cendana Fair XVI, kemarin (24/1). Kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah SMANLI itu dibuka Caretaker Walikota Bengkulu, yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs. Budiman Ismaun M.Pd.

Dalam sambutannya, Caretaker Walikota Drs. Budi Ismaun, sangat mengapresiasi para siswa/siswi SMANLI. Kreatifitas mereka membuat sekolah favorit di Bengkulu ini, banyak mengukir prestasi.

Bahkan sekolah ini telah mendapat tempat dihati masyarakat.

Budiman juga memuji kepiawaian para dewan guru. Pembinaan yang dilakukan mengantarkan para siswa berprestasi. Bahkan dengan kepiawaian pimpinan kepala sekolah, dewan guru di sini pun kerap mengukir prestasi.

“Di sekolah ini baik guru maupun siswanya berprestasi,” katanya.

Di kegiatan Cendana Fair ini, caretaker berharap anak SMANLI mampu menembus luar angkasa, seperti kreatifitas berupa atribut angkasa yang diangkat saat ini. Ia pun menjanjikan, wadah kreatifitas tidak hanya berhenti di sekolah. Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu, memfasilitasi dengan dibukanya wadah panggung pelajar.

“Saya melihat anak-anak berprestasi kandas saat di tingkat SMA, maka saya mau buat program panggung juara maka prestasi siswa/siswi akan semakin tumbuh dan berkompeten,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu, Dra Hj Darmawati M.Pd menuturkan diusianya yang ke 41, SMANLI telah tumbuh dan menempati hati masyarakat. Sekolah pun selain mengajarkan Imtaq dan Iptek juga mengendapkan pendidikan karakter. Sehingga siswa/siswi dibina dan berkemampuan berpikir kritis, inovatif, eksprementatif untuk menumbuhkan ide baru.

Kegiatan yang mengangkat tema “Explore The Universe” ini digelar ada 14 mata lomba baik akademik maupun non akademik se-provinsi Bengkulu. Khusus lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) digelar untuk tingkat nasional. Lomba tersebut menyasar hingga pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam penilaian LKTI melibatkan tim dari perguruan tinggi.

Perempuan yang akrab disapa Ida itupun mengucapkan terima kasih pada semua pihak atas suksesnya kegiatan Cendana Fair. Ia yakin dengan kebebasan berkreatif akan membentuk siswa yang berkarakter, dan tidak terkena hal-hal yang negatif, dan disarankan melaksanakan kegiatan dengan fair.

“Ikuti kegiatan sesuai dengan aturan yang ditetapkan dewan juri, tujuan utama adalah menjalin silahturahmi se provinsi bengkulu, ciptakan kreatifitas, menjalin tali silahturahmi dan merajut persatuan dan kesatuan.” pesannya.

Disisi lain, Panitia pelaksana, Candra Irawan menegaskan, Cendana Fair sebagai wadah berkompetisi meraih prestasi, dalam jelajahi diri dalam ruang kreatifitas untuk sesuatu yang menakjubkan. Para siswa diberi untuk bebas bereksperimen, berinovasi.

Kegiatan Cendana Fair kali ini diawali dengan longmarch drumband sebagai penyambutan caretaker bersama rombongan.

Longmarch dimulai dari depan hotel santika menuju sekolah. Dilanjutkan dengan pengalungan syal batik, serta disambut tari sekapur sirih.

Tim rombongan Carteker walikota tiba dengan didampingi Kadis Dikbud kota Bengkulu Dra Hj Rosmayetti MM, Dandim, Danlanal, Komite dan juga dihadiri walimurid. (247)