KPU Umumkan 55 Relasi

APRIZAL/Bengkulu Ekspress
Para calon Relasi 2019 saat menunggu hasil pengumuman tes wawancara yang dilaksanakan KPU Bengkulu Utara, kemarin.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Utara (BU), kemarin (21/1), mengumunkan 55 calon Relawan Demokrasi (Relasi) yang lolos seleksi administrasi dan tes wawancara yang dilakukan pada 19-20 Januari lalu.

“Para peserta yang telah lulus ini, selanjutnya akan dilakukan pengukuhan dan bimbingan teknis (bimtek) pada Rabu (23/1) hingga Kamis (24/1) sebelum diterjunkan ke lapangan untuk melakukan tugas sebagai relawan demokrasi,” kata Komisioner KPU Bengkulu Utara Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Andi Perwira SKep ketika ditemui Bengkulu Ekspress, kemarin(21/1).

Andi menambahkan, setelah dilakukan pengukuhan dan bimtek, para Relasi ini kan menjadi perpanjangan tangan KPU Bengkulu Utara dalam menyampaikan pesan serta visi-misi KPU untuk bisa mengajak masyarakat ikut memberikan hak suara pada Pemilu nanti agar menekan dan meminimalisir angka golput.

“Harapan kami setelah dilakukan pengukuhan dan bimbingan nanti, mereka bisa menjadi perpanjangan tangan kami, untuk menyampaikan pesan-pesan serta visi-misi KPU. Paling tidak bisa mengajak masyarakat agar meminimalisir angka golput,” terangnya.

Lebih lanjut Andi menyampaikan, dari 55 peserta yang lulus ini akan ditempatkan di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

Relawan Demokrasi ini terdiri dari 11 basis pemilih yaitu, basis keluarga ada 8 relawan, pemula 6 relawan, muda 6 relawan, perempuan 9 relawan, penyandang disabilitas 5 relawan, berkebutuhan khusus 4 relawan, marginal 5 relawan, komunitas 4 relawan, keagamaan 4 relawan, basis internet 1 relawan, dan basis lainnya 3 orang. “Menurut juknisnya, setiap kecamatan harus ada relawan demokrasinya, namun untuk jumlahnya tidak ditetapkan, yang pasti disetiap kecamatan harus ada, minimal 1 relawan di tiap kecamatan,” tandasnya.(127)