KPU Tunggu Kritik Masyarakat

Ist/BE Para peserta pelamar PPK mengecek pengumuman peserta lolos administrasi di sekretariat KPU Kabupaten Kepahiang
Ist/BE Para peserta pelamar PPK mengecek pengumuman peserta lolos administrasi di sekretariat KPU Kabupaten Kepahiang

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang sudah mengumumkan nama-nama calon sementara (DCS) Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) pemilu 2019. Nama-nama peserta yang lulus seleksi administrasi sudah diumumkan didalam website KPU, facebook serta media lainnya, agar dapat diakses oleh masyarakat.

Komisioner KPU Bidang Sosialisasi dan Hubungan Masyarakat Irwansyah AMd mengatakan pasca diumumkan ke publik daftar nama calon PPK pihaknya menunggu kritik masyarakat terkait dengan nama-nama yang sudah lolos sementara ini. “Masa kritik masyarakat selama tujuh hari kedepan terhitung sejak Minggu (4/2), kita sangat mengharapkan partisipasi masyarakat mengenai nama-nama yang diumumkan,” kata Irwansyah.

Masukan atau kritikan masyarakat dibutuhkan untuk mengetahui rekam jejak orang-orang yang lolos seleksi administrasi calon PPK. Sehingga dapat ditetapkan menjadi 3 besar yang nantinya akan ditetapkan menjadi anggota PPK didelapan kecamatan Kabupaten Kepahiang. “Ini memang mekanisme seleksi agar kita mendapatkan orang-orang terbaik dalam pelaksanaan pemilu di Kabupaten Kepahiang,” tuturnya.

Selain itu, KPU Kepahiang juga sudah membuka pendaftaran PPS yang akan akan melaksanakan tahadap pemungutan nantinya. Jumlah anggota PPS 351 orang untuk penempatan di 117 desa dan kelurahan se-Kabupaten Kepahiang.

“Masing-masing desa kelurahan itu 3 orang, jadi jumlah total mencapai 351 orang. Pendaftaran bisa dilakukan disekretariat KPU,” ucapnya.

Ada perubahan mekanisme rekrutmen PPS tahun ini, jika sebelumnya calon anggota atau peserta harus mendapatkan rekomendasi Kepala Desa (Kades) atau Lurah. Kali ini tidak dibutuhkan lagi, semua warga bisa langsung mendaftar tanpa melampirkan rekomendasi pemerintah setempat. “Tidak perlu lagi ada rekomendasi semua bisa daftar, memehuni syarat maka bisa lolos ketahap selanjutnya,” tutup Irwansyah.
169 orang peseta lolos seleksi administrasi, nama-nama peserta sudah dimuat diberbagai media sosial milik KPU Kabupaten Kepahiang. (320)