KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

ilustrasi pemilu
Foto ; IST

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah Benteng untuk meningkatkan angka partisipasi pemilihan umum (pemilu). Salah satunya adalah dengan merekruut relawan demokrasi yang bertugas untuk membantu mensosialisasikan penyelenggaraan pemilu.

“Relawan demokrasi ini memiliki tugas utama untuk membantu kami dalam melakukan sosialisasi,” kata Ketua KPU Kabupaten Benteng, Drs Brotoseno.

Dijelaskan Brotoseno, relawan demokrasi nantinya diberikan kewenangan untuk menyasar seluruh lapisan elemen masyarakat. Tentunya, sesuai dengan basis yang dimiliki. Secara keseluruhan, jelasnya, ada terdapat 11 basis relawan demokrasi yang direkrut.

Diantaranya, basis pemilih pemula yang bertugas untuk mengajak warga usia maksimal 25 tahun agar menggunakan hak suara, basis pemuda bagi masyarakat usia maksimal 30 tahun, serta basis keluarga, perempuan, komunitas serta basis internet.

“11 basis ini telah merangkum seluruh lapisan masyarakat. Dengan harapan, semua masyarakat antusias menggunakan hak suara,” jelasnya.

Dalam perekrutan relawan domokrasi, papar Brotoseno, tahapan seleksi juga akan dilakukan secara ketat. Dimulai dari pendaftaran selama 6 hari, yakni sejak Jumat (11/1).

Selanjutnya, seluruh peserta juga melalui tahapan seleksi wawancara oleh semua Komisioner KPU Kabupaten Benteng.”Jika pada pemilu legislatif 2014 lalu angka partisipasi di Kabupaten Benteng sebanyak 88,3 persen dari jumlah pemilih, kami berharap angka partisipasi pemilu 17 April 2019 nanti bisa lebih meningkat,” tutup Brotoseno.(135)