KPU Terkendala Jaringan Internet


Jefryy/Bengkulu Ekspress – Tim IT dari KPU Kabupaten Seluma, sedang menginput scan data salinan C1 namun terkadang terkendala jaringan internet yang lamban.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Sekalipun scan data salinan C1 sudah selesai mencapai 97 persen, namun untuk mengupload data ke website resmi KPU belum bisa dilakukan sepenuhnya. Karena masih terkendala jaringan internet yang lamban. Alhasil saat ini masih 40 persen data CI yang sudah diupload.

“Untuk data masih tetap diupayakan sekalipun lambat dampak jaringan yang kerap gangguan,” ujar Anggota Komisioner KPU Seluma Edi Anzori A Md kepada Bengkulu Ekspress kemarin (22/4).

Dijelaskan, upaya mempercepat penginputan data sudah diupayakan. Bahkan KPU juga sudah berupaya mendatangi satu persatu petugas pemungtan kecamatan (PPK) yang berada di pedalaman, seperti PPK di Kecamatan Seluma Utara, Semidang Alas, Ulu Talo dan Lubuk Sandi.  Setelah semua data salinan C1 terkumpul, petugas Situng menscan data tersebut untuk kemudian di upload ke situs resmi KPU yang nantinya akan mengumumkan hasil resmi Pemilu.

“Jaringan internet hal yang utama dalam pengiriman data scan ke KPU RI Iini,” ujar Edi.

Sementara itu, proses tahapan perhitungan di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah dinyatakan rampung. Tahapan selanjutnya, yaitu pleno ditingkat PPK. Hanya saja, KPU Seluma belum dapat mengumumkan secara resmi siapa pasangan capres terlebih dahulu. Begitupun untuk calon legislatif DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD kabupaten, hingga sore kemarin (22/4), belum kunjung disampaikan ke publik.



Pleno tingkat Kabupaten, sesuai Jadwal akan dimulai tanggal 28 April ini. Hanya saja, untuk tempat pelaksanaan pleno masih belum dapat dipastikan. KPU merencanakan pelaksanaan pleno digelar di Gedung Daerah Serasan Seijoan. “Kita masih tetap mengupayakannya agar bisa di ketahui secara bersama,” pungkasnya. Diketahui, dari total 664 TPS se Kabupaten Seluma, rata-rata proses perhitungan suranya selesai dalam waktu 24 jam. KPPS bekerja hingga subuh. Bahkan ada beberapa KPPS yang menunda proses perhitungan, karena sudah terlalu larut malam. Tahapan penghitungan suara berlangsung dua hari. Saat ini KPU masih melakukan upload data ke website Pemilu KPU RI. (333)