KPU Temukan Surat Suara Rusak

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu melibatkan sebanyak 180 orang dari berbagai kalangan masyarakat untuk melakukan proses pelipatan dan penyortiran surat suara, kemarin (15/3). Dan memasuki hari ke-2 proses pelipatan ini sudah ditemukan sebanyak 8 lembar surat suara yang rusak.

“Memang ditemukan tetapi tidak terlalu banyak sekitar 8 lembar yang ditemukan dalam keadaan rusak, bentuk kerusakannya ada yang sobek, dan ada yang terpotong,” kata Ketua KPU Kota, Zaini SAg.

Menurutnya, tingkat kerusakan surat suara ini tidak terlalu mempengaruhi karena setelah proses pelipatan selesai, maka jumlah surat suara yang rusak akan direkap dan segera dimusnahkan, dan jika terjadi kekurangan, maka segera diusulkan kembali ke perusahaan percetakan di Jakarta untuk ditambah yang baru.

“Sebenarnya secara keseluruhan masih tergolong bagus, karena dibandingkan dengan jumlah yang sudah kita lipat, sangat sedikit ditemukan yang rusak. Tentu akan kita musnahkan, tetapi kalau terjadi kekurangan akibat surat suara yang rusak tentu kita laporkan dan minta diganti,” jelasnya.

Ia berharap proses penyortiran dan pelipatan ini berjalan dengan baik dan lancar, dan pihaknya menargetkan proses ini selesai dalam tempo 10 hari yang dimulai sejak Kamis lalu. “Estimasi kita 10 hari, tetapi melibat perkembangan tenaga pelipatan kita dimungkinkan tidak sampai 10 hari akan selesai,” terangnya.

Hasil sementara, dari 1.920 dus surat suara saat ini baru selesai 300 dus yang sudah dilipat dan disortir. Dan pihaknya menyakini bahwa tenaga pelipatan mampu menyelesaikan lebih cepat dari yang dibayangkan karena semakin hari sudah semakin terbiasa dan maka diperkirakan selesai dalam 7 atau 8 hari. (805)