KPU Sosialisasi di 67 Titik

Foto : IST

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk meningkatkan partisipasi Pemilih di Kabupaten Rejang Lebong. KPU Rejang Lebong telah menjadwalkan melaksanakan sosialisasi di 67 titik yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dalam waktu dekat ini kita akan melakukan sosialisasi di 67 titik,” sampai Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Politik dan Parmas KPU Rejang Lebong Ujang Maman Selasa (26/2) kemarin.

Dijelaskan Ujang, kegiatan sosialisasi tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 18 Maret mendatang. Dimana kegiatan sosialisasi tersebt akan dilakukan mulai dari di sekolah, kampus sehingga daerah jauh. Dimana untuk sosialisasi daerah jauh yang mereka maksud adalah daerah yang lokasinya jauh dari ibu kota kecamatan. Daerah-daerah jauh yang akan menjadi sasaran sosialisasi tersebut seperti di Desa Bukit Batu, Desa Sinar Gunung dan Desa Air Rusa serta sejumlah desa lainnya.

“Kegiatan sosialisasi ini nanti akan dilaksanakan oleh PPK dan relawan demokrasi yang sudah kita bentuk,” paparnya.

Dimana kegiatan sosialisasi tersebut akan dilakukan dengan sistem tatap muka, materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut tentunya semua yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang yaitu mulai dari pencoblosan, pindah memilih dan sejumlah materi lainnya. Selain dilaksanakan disekolah, kampus dan tempat jauh, kegiatan sosialisasi juga akan menyasar sejumlah organisasi kewanitaan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong seperti Persatuan Istri Tentara (Persit) maupun ibu-ibu bhayangkari.



Lebih lanjut Ujang menjelaskan, untuk tahap awal kegiatan sosialisasi sendiri akan melibatkan PPK, namun kedepannya akan dilanjutkan oleh relawan demokrasi, karena menjelang melaksanaan Pemilu serentak sendiri, baik KPU maupun PPK akan mengikuti Bimtek terkait dengan pemungutan, penghitungan dan perekapan suara.

“Selain di 67 titik ini, kegiatan sosialisasi akan terus kita lakukan terutama oleh relawan demokrasi, dimana teman-teman dari relawan demokrasi akan terus melakukan sosialisasi hingga menjelang dilaksanakannya pemungutan suara,” demikian Ujang. (251)