KPU Sortir Surat Suara

RIO/Bengkulu Ekspress
SURAT SUARA: Sebanyak 1.271.976 surat suara untuk Pemilu 2019 diamankan di gudang KPU Kota Bengkulu, Rabu (13/3).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 1.920 dus surat suara untuk Pemilu di Kota Bengkulu sudah tiba di KPU Kota Bengkulu sekitar pukul 10.00WIB, kemarin (13/3).  Ketua KPU kota, Zaini SAg didampingi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rayendra Pirasad SHI menyaksikan langsung pembongkaran surat suara tersebut dan disimpan langsung di gudang KPU kota.

“Alhamdulillah tanpa hambatan surat suara untuk pemilu 2019 sudah tiba di KPU kota, terdiri dari 5 jenis surat suara, insya Allah besok (hari ini) langsung kita mulai penyortiran dan pelipatan,” kata Zaini.

Untuk proses pelipatan dan penyortiran, pihaknya membutuhkan tambahan tenaga puluhan orang yang bisa dipercaya dan sudah ditunjuk oleh KPU. “Target pelipatan dan sortir diperkirakan selesai 10 hari ke depan,” jelasnya.  Menurut Zaini, jika nanti pada proses penyortiran ditemukan surat suara rusak, maka pihaknya akan melaporkan jumlah kekurangan untuk diganti oleh pihak perusahaan yang mencetak surat suara tersebut di Jakarta.  Di sisi lain, Zaini juga menerangkan kebutuhan logistik lainnya seperti kekurangan bilik dan kotak Suara yang dalam beberapa hari ke depan juga akan tiba di Kota Bengkulu sesuai dengan usulan penambahan.



“Bilik suara sebanyak 141 buah, kemudian kotak suara sebanyak 235 buah,” ungkap Zaini.

Untuk diketahui, kekurangan logistik bilik dan kotak suara ini terjadi sejak awal pengiriman bulan lalu. Selain itu, hasil pendataan dan pleno daftar pemilih tetap hasil perbaikan juga terjadi penambahan mata pilih.  “Memang terjadi penambahan TPS menjadi 1.007 TPS sehingga kita ajukan penambahan logistik,” pungkasnya. (805)