KPU Serahkan Arsip Pemilu ke Arda

Foto : IST

CURUP, bengkuluekspress.com – Guna memudahkan masyarakat untuk mengakses arsip-arsip terkait dengan pelaksanaan Pemilu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong menyerahkan arsip Pemilu ke bagian arsip daerah Kabupaten Rejang Lebong. Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo mengungkapkan arsip Pemilu yang diserahkan ke bagian arsip daerah kemarin khususnya arsip untuk pelaksanaan Pemilu serentak 2019 lalu.

“Dengan penyerahan arsip ke Arda ini, kita berharap semua pihak yang memiliki kepentingan tentang pemilih khususnya Pemilu 2019 bisa mengambil ke Arda,” sampai Restu.

Hanya saja menurut Restu, arsip Pemilu yang mereka serahkan ke Arda Rejang Lebong kemarin hanya yang berkaitan dengan KPU Rejang Lebong saja. Menurut Restu langkah yang dilakukan oleh KPU Rejang Lebong tersebut mendapat apresiasi dari bagian arsip daerah Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurutnya hingga kemarin baru KPU Rejang Lebong yang menyerahkan arsip kebagian Arda. “Langkah kita menyerahkan arsip ke Arda ini mendapat apresiasi, karena hingga saat ini kita lembaga pertama yang memberikan arsip ke Arda,” sampainya.

Lebih lanjut Restu menjelaskan, pengelolaan dokumen Pemilu 2019 menjadi penting bagi KPU Rejang Lebong karena KPU Rejang Lebong langsung akan memasuki tahapan Pilkada 2020, oleh karena itu setiap subag tentu mempunyai dokumen Pemilu yang perlu didokumentasikan sebagai bagian dari merawat sejarah Pemilu 2019. Dokumen-dokumen Pemilu yang diserahkan oleh KPU Rejang Lebong ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong tersebut antara lain rekap proses pencalonan bakal calon bakal calon anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong hingga penetapan DCS.

Kemudian daftar calon tetap DPRD Kabupaten Rejang Lebong, selanjutnya tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019. Kemudian rekapitulasi jumlah perolehan kursi partai politik pemilihan umum anggota DPRD kabupate/kota tahun 2019 dan daftar calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong hasil Pemilu serentak 2019. (251)