KPU Rejang Lebong Cek Keabsahan Berkas Balon Kada


Ary/BE
KPU Rejang Lebong saat melakukan verifikasi berkas dokuman syarat balon kada yang telah mendaftar ke KPU Rejang Lebong.

CURUP, bengkuluekspress.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong melakukan pengecekan keabsahan seluruh berkas dokumen bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati yang telah mendaftar ke KPU Rejang Lebong. Pengecekan berkas balon kada dilakukan KPU, Rabu (9/9).
Komisioner KPU Rejang Lebong, Visco Putra Alexander SIP MSi menjelaskan, verifikasi berkas dokumen yang mereka lakukan tersebut untuk mengecek keabsahan dokumen-dokumen yang diserahkan calon. Karena pada saat pendaftaran yang mereka cek hanya ada atau tidaknya berkas bukan keabsahannya.
“Karena saat pendaftaran kita hanya mengecek ada atau tidaknya berkas, maka hari ini kita mengecek absah atau tidaknya berkas dokumen yang diserahkan saat pendaftaran kemarin,” terang Visco.

Verifikasi berkas dokumen syarat Balon Kada yang mendaftar ke KPU Rejang Lebong tersebut, menurut Visco, mereka berpatokan dengan surat keputusan KPU nomor 394. Keputusan KPU tersebut menjadi patokan mereka karena menurutnya dalam surat keputusan tersebut jelas indikator keabsahan dokumen.
“Proses verfiikasi ini kita lakukan dengan melakukan pemeriksaan satu persatu berkas dari seluruh Balon Kada yang mendaftar ke KPU Rejang Lebong,” tambah Visco.

Dari pemeriksaan yang dilakukan terse menurut Visco mereka menemukan sejumlah masalah, seperti ada yang tidak dicentrang di BB1, kemudian ada salah satu bakal calon yang nama di KTP-el tidak sesuai dengan nama yang ada di Ijazah.
“Dari verifikasi yang dilakukan kita memang menemukan sedikit masalah, namun Insya Allah temuan tersebut bisa diselesaikan dimasa perbaikan,” papar Visco.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*