KPU Provinsi Rangkap Kaur

BENGKULU, BE – Masa jabatan komisioner KPU Kabupaten Kaur berakhir Minggu (23/6). Sementara proses penyeleksian calon komisoner KPU Kaur yang baru, hingga saat ini belum menemukan titik terang. Dengan demikian, terhitung mulai Senin (24/6) KPU Kaur diambil alih oleh KPU Provinsi Bengkulu.
“Tidak ada kekosongan jabatan KPU, karena salam aturannya disebutkan jika belum mendapatkan komisioner KPU yang baru, sedangkan masa jabatan anggota KPU yang lama telah berakhir, maka secara otomatis KPU Kabupaten/Kota tersebut diambil alih langsung oleh KPU Provinsi,” kata¬† Juru Bicara KPU Provinsi, Zainan Sagiman SH.
Ambil alih tersebut bertujuan untuk mengisi kekosongan dan melanjutkan tahapan Pemilu yang telah dilaksanakan oleh komisioner KPU sebelumnya sesuai dengan petunjuk dan peraturan yang berlaku.
“Pokoknya tahapan Pemilu tidak akan terhambat dan tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2013,” terangnya.
Disinggung soal penyelesaian seleksi angota KPU Kaur, Zainan mengatakan beberapa hari belakangan ini pihaknya telah menurun tim pecari fakta ke Kaur, dan saat ini telah kembali ke Bengkulu. Hanya saja kerja tim pencari faktar tersebut belum dibahas oleh komisioner KPU.
“Dalam waktu dekat ini kami mulai membahasnya, dengan cara memutar vidoe wawancara tim pencari fakta dengan pihak-pihak yang terlibat dengan tahapan seleksi KPU Kaur,” ujarnya.
Zainan optimis hasil kerja tim pencari fakta tersebut akan menjawab semua persoalan yang terkait dengan dualisme 10 besar KPU Kaur, sehingga dapat dicarikan solusinya dalam waktu dekat ini.
“Nanti akan ketahuan di tahapan mana Tim Seleksi (Timsel) KPU Kaur melakukan kesalahan, jika sudah mengetahuinya maka kami akan memutuskan darimana proses seleksi ini diulang,” ungkapnya.
Sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah akan mengambil alih seleksi mulai dari awal (Seleksi administrasi,red), penetapan 20 besar¬† atau penetapan 10 besar. “Target kami masalah ini akan selesai secepatnya, karena anggota KPU lainnya telah dilantik Minggu besok,” pungkasnya. (400)