KPU Plenokan DPTb Terakhir

foto : Romi Sugara, S.Sos

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu melakukan singkronisasi daftar pemilih tambahan (DPTb) di kantor KPU, kemarin (11/3).  Jika tidak ada perubahan, KPU kota akan menggelar rapat pleno penetapan DPTb hasil perbaikan untuk terakhir kalinya hari ini (12/3).  Berdasarkan hasil rekapitulasi data pemilih hingga 10 Maret lalu, jumlah mata pilih bertambah karena terdapat 168 orang dari luar daerah yang akan menggunakan hak suaranya di Kota Bengkulu.

“Jumlah DPTb sebanyak 168 orang, sedangkan yang keluar dan mengurus di daerah tujuan berjumlah 392 orang, ini hasil laporan Panitia Pemungutan Suara (PPS),” kata Komisioner KPU kota, Romi Sugara SSos kepada BE, kemarin (11/3).



Penambahan ini merupakan hasil kesadaran masyarakat umum yang melaporkan diri ke kelurahan masing-masing untuk pindah memilih, ditambah lagi posko-posko pindah memilih yang didirikan di seluruh Universitas yang ada di Kota Bengkulu yang difasilitasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) didampingi oleh relawan pemilu.  Untuk diketahui, DPTb ini merupakan orang yang berdomisili di daerah luar, tetapi bekerja di Kota Bengkulu, dan bisa menggunakan hak suaranya di Kota Bengkulu. Tapi yang bersangkutan hanya bisa memilih Presiden dan Wakil Presiden (Capres) saja.

“Hari ini kita singkronisasi sebelum dilaksanakan rapat pleno penetapan DPTb di kantor KPU kota pukul 08.30 WIB,” ungkapnya.

Dengan demikian, jumlah pemilih sementara yang akan menggunakan hak suaranya pada tanggal 17 April 2019 mendatang sebanyak 248.636 orang. Setelah diplenokan, maka laporan tersebut akan disampaikan ke KPU Provinsi Bengkulu untuk dilaporkan ke KPU RI. (805)