KPU Lebong Temukan Ratusan Susu Rusak


ERICK/BE
LIPAT: Petugas dari KPU Lebong ketika melakukan pelipatan dan penyortiran terhadap surat suara.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Belum selesai dilipat dan disortir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong menemukan ratusan surat suara (susu) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebong serta Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu rusak.
Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr SE mengatakan, bahwa untuk pelaksanan pelipatan dan sortir Susu masih belum selesai. Namun dari 35 dus Susu untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebong, setidaknya Susu yang rusak telah mencapai 200 lembaran.
“Sisanya masih ada 5 Dus lagi yang belum dilipat dan disortir,” sampainya, Senin (30/11).

Menurutnya, sementara untuk Susu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang selesai disortir dan dilipat ada sebanyak 15 dus dari total 39 dus dan ditemukan puluhan Susu yang rusak. Akan tetapi karena masih ada Susu, baik untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebong serta Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu belum selesai dilipat dan disortir. Sehingga tidak menutup kemungkinan masih akan ada yang rusak.
“Jumlahnya kemungkinan masih akan bertambah, karena masih dalam proses pelipatan dan penyortiran,” jelasnya.

Dijelaskan Ketua KPU, Susu yang ditemukan rusak seperti foto dan nama pasangan calon yang buram, tetesan tinta yang menutupi foto maupun nama pasangan calon. Sementara untuk Susu yang robek atau sudah ada yang tercoblos, pihaknya belum atau tidak mendapatinya.
“Nama dan foto pudar serta ada bercak tinta dan itu masuk dalam katagori rusak,” tuturnya.

Untuk Susu yang dinyatakan rusak, sambungnya, akan dilakukan pemusnahan. Akan tetapi hal tersebut dilakukan jika Susu sudah memenuhi kuota dari kebutuhan Susu tersebut. Maka pihaknya tidak akan meminta kembali Susu pengganti. Akan tetapi jika Susu kurang dari kebutuhan, maka KPU Lebong akan membuat berita acara kekurangan Susu dan akan diminta kepada pihak penyedia.
“Susu yang di sortir dan dilipat sendiri total dari kebutuhan ditambah Susu tambahan,” ucapnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*