KPU, Kerahkan 145 Motor

Ist/Bengkulu EkspressDISTRIBUSI LOGISTIK PEMILU: Proses pendistribusian logistik Pemilu menuju TPS Langgar Jaya di Kecamatan Bermani Ilir dengan menggunakan puluhan sepeda motor, karena akses jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang mengerahkan sebanyak145 sepeda motor ojek angkut dalam melakukan pendistribusian logistik Pemilu ke 29 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sulit di Kecamatan Bermani Ilir dan Muara Kemumu.  Total logistik yang disalurkan sebanyak 145 kotak/bilik dan ditambah surat suara sebanyak 31.060 beserta kelengkapan pencoblosan.

“Untuk Kecamatan Muara Kemumu ada 27 TPS dengan surat suara 5.705 dikali 5 jenis surat suara. Sedangkan Kecamatan BI ada 2 TPS dengan surat suara sebanyak 507 kali 5 jenis,” ungkap Komisioner KPU Kepahiang Supran Efendi MPd.



Menurutnya, seluruh logistik yang didistribusikan menggunakan ratusan kendaraan sepeda motor. Karena akses jalan menuju TPS tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Sebab, kondisinya masih jalan tanah. Salah satunya di TPS Desa Langgar Jaya Kecamatan Bermani Ilir.  “Alhamdulillah pendistribusian tadi selesai, pengiriman logistik menggunakan sepeda motor. Karena akses jalannya hanya bisa dilalui sepeda motor,” ujar .

Supran mengakui, sulitnya medan yang dilalui membuat sepeda motor pengangkut logistik terjatuh. Tetapi insiden tersebut tidak sampai menyebabkan kerusakan pada sarana prasarana pencoblosan untuk 17 April 2019.  “Kalau untuk mobil tidak ada yang terperosok, tapi sepeda motor iya. Karena sudah tahulah sendiri jalan ke sana,” ungkapnya.  Supran mengungkapkan, jumlah logistik untuk 29 TPS sulit sebanyak 145 kotak dan bilik. Serta surat suara sesuai dengan jumlah DPT ditambah cadangan masing-masing 2 persen dari kebutuhan. Pendistribusan selesai dilaksanakan sekitar pukul 15.30 WIB, kemarin (15/4). (320)