KPU Gelar Pelipatan Surat Suara

APRIZAL/Bengkulu EkspressLIPAT SURAT SUARA: 164 orang petugas pelipat surat suara melakukan pelipatan surat suara bertempat di gudang logistik KPU Bengkulu Utara, kemarin (15/3)

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 164 orang, yang terdiri dari masyarakat yang sudah mendaftar sebagai petugas pelipatan surat suara, mulai mensortir, melipat dan melakukan pengesetan surat suara di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) beralamatkan di Jalan Husni Thamrin Desa Karang Anyar II Kecamatan Arga Makmur, kemarin (15/3). Proses pelipatan ini di targetkan akan selesai selama 10 hari kedepan dan dilakukan selama 8 jam per hari. Dimana dalam satu hari jumlah surat suara yang sudah di lipat diharapkan mencapai seribu surat suara.

Proses pelipatan juga dijaga ketat oleh pihak kepolisian, semua petugas pelipat saat hendak masuk dan keluar akan mendapat pemeriksaan. Karena para petugas ini harus steril dan dilarang membawa tas, HP, makanan dan benda-benda lainnya saat melakukan pelipatan. Bahkan kuku petugas yang panjang harus di potong. Hal ini di lakukan demi mencegah terjadinya kecurangan dan kebocoran surat suara.

Ketika ditemui Bengkulu Ekspress disela proses pelipatan, Sekretaris KPU Bengkulu Utara, Samsul Bahri mengatakan, bahwa ada 164 orang perhari yang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.”Targetnya 10 hari bisa selesai,” kata Samsul dilokasi pelipatan yang bertempat di Gudang Logistik KPU.

Samsul menambahkan, bahwa untuk 164 orang petugas ini dibagi menjadi 41 tim jadi, satu tim berjumlah 4 orang. Dan untuk upah petugas diberikan sebesar Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu.”1 tim 4 orang, sistem upahnya perlembar Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu. Dimana dalam 1 tim tugasnya ada yang mensortir, melipat dan melakukan pegesetan, dalam pengesetan para petugas pelipat harus melipat 25 surat suara,” terangnya.

Untuk diketahui untuk poses pelipatan suara KPU Bengkulu Utara melakukan pelipatan suara untuk surat suara DPRD Dapil 3 Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 82 Koli yang berisi 500 surat suara jadi total keseluruhan 41.000 surat suara. Sementara itu, terkait satu koli surat suara yang diduga mengalami kerusakan karena mengalami rusak di bagian luar koli.

Pihak KPU Bengkulu Utara masih belum bisa memberikan kepastiannya, karena surat suara yg di lipat hari ini adalah surat suara DPRD kabupaten Bengkulu Utara Dapil 3.”Ya, hari ini untuk pelipatan surat suara kita lalukan yakni untuk surat suara DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Dapil 3,” pungkas Samsul.(127)