KPU Distribusikan Logisitik, ke Enggano

IST/Bengkulu EkspressKPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra SAg MM didampingi Ketua KPU Bengkulu Utara Roges Mawansyah SE ME melepas pengiriman logistik Pemilu ke Enggano, kemarin (11/4)

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) akhirnya mengirim logistik Pemilu ke Kecamatan Enggano, kemarin pagi (11/4). Pengiriman logistik tersebut menggunakan kapal KRI Kurau 856 dari Dermaga Pulau Baai Kota Bengkulu. Ketua KPU Bengkulu Utara Roges Mawansyah SE ME kepada awak media usai melakukan pelepasan pengiriman logistik mengatakan, logistik bergerak dari gudang logistik KPU Bengkulu Utara pada pukul 06.00 WIB pagi kemarin menggunakan mobil truk, dan dikawal oleh beberapa personel KPU, Bawaslu Kodim dan Polres Bengkulu Utara dan tiba di dermaga Pulau Baai pada pukul 08.00 WIB.

Setelah proses pemuatan logistik ke dalam kapal KRI Kurau yang dibantu oleh beberapa TNI AL dan TNI AD yang ada dilokasi, kemudian kapal memulai keberangkatan pada pukul 09.30 WIB menuju Pulau Enggano. Adapun logistik tersebut berupa kotak surat suara sebanyak 71 kotak, yang dimasing-masing kotak telah diisi perlengkapan logistik, serta 48 bilik suara pemilu. “Di Kecamatan Enggano memiliki 6 desa dan 12 TPS, sesuai kebutuhan dari jumlah DPT kita di Kecamatan Enggano sebanyak 2.625, insha Allah logistik yang dikirim ini sudah mencukupi semua kebutuhan,” kata Roges.



Sementara itu, di tempat yang sama, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Bengkulu, Letkol M Andri Wahyu S menungkapkan, pengiriman Logistik menggunakan kapal KRI Kurau 856 ini merupakan pemenuhan permohonan berdasarkan surat yang telah disampaikan oleh KPU BU kepada Panglima TNI AL.

“Kita sudah berkoordinasi dengan KPU, kemudian KPU sudah berkirim surat dengan panglima TNI AL, kita menyiapkan 1 KRI untuk membantu pengiriman logistik ke Enggano, dengan perjalanan kurang lebih 6-7 jam,” ungkapnya.

Letkol M Andri Wahyu S juga menyampaikan, ia memastikan perjalanan menuju Enggano tidak akan mengalami kendala yang rumit, dikarenakan telah diprediksikan oleh BMKG Bengkulu bahwa kapal KRI Kurau 856 aman untuk melakukan pergeseran pengiriman logistik ke Enggano. “Informasi yang didapat dari BMKG, ketinggian gelombang ombak hanya berkisar 1 sampai 2 meter saja, jadi tidak terlalu menjadi kendala dalam melakukan pengiriman, dan masih bisa diatasi,” tandasnya.(127)