KPU Butuh Mobil Double Gardan

Jefryy/Bengkulu Ekspress LIPAT SUSU: Proses pelipatan surat suara (Susus) di Kabupaten Seluma telah dirampungkan. Sehingga tinggal pendistribusian ke kecamatan dan TPS.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Menjelang waktu pendistribusian surat suara (Susu) tanggal 11 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Seluma mengkwatirkan dengan kondisi cuaca. Pasalnya, sejumlah akses desa terpencil masih butuh perhatian khusus dalam pendistribusian. Sehingga KPU membutuhkan pinjam pakai kendaraan double gardan untuk bisa mendistribusikan susu hingga ke desa terpencil.

“Kita berharap cuaca mendukung untuk pendistribusian susu ini, namun memang beberapa titik desa terpencil dibutuhkan kendaraan double gardan,” lirih Ketua KPU Seluma, Sarjan Effendi SE kepada Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, kendaraan double gardan tersebut karena memang akses desa yang berada di pedalaman dan akses jalan juga tidak bagus. Sehingga wajar dibutuhkan kendaraaan double tersebut. KPU mengharapkan pinjam pakai dari Pemda Seluma. Setidaknya pinjam pakai bisa dilakukan selama jalannya pemilihan presiden dan legislatif ini. Namun setelah jalannya pelaksanaan pesta demokrasi ini akan dikembalikan lagi.

“Kita memang membutuhkan kendaraan double untuk pendistribusian. Setidaknya jika memang bisa pinjam pakai dengan Pemda Seluma selama Pilpres dan Pileg ini saja kita membutuhkannya. Usai pesta demokrasi akan kita kembalikan,”harapnya.



Disampaikannya, menurut jadwal pendistribusian akan dimulai dari KPU ke masing-masing kecamatan pada tanggal 11 April hingga tanggal 15 April. Sedangkan dari tanggal 15 April dari kecamatan hingga ke desa. Serta dari desa ke Tempat Pemungutan Suara(TPS) tanggal 16 April dengan pengawalan kepolisian yang telah ditunjuk. Direncanakan pendistribusian susu lebih awal pada desa yang banyak kawasan terpencil, seperti Semidang Alas (SA) dan Semidang Alas Maras (SAM).

“Kendaraan double ini diperlukan untuk akses ke kawasan desa yang memang terpencil, seperti SA dan SAM serta Lubuk Sandi dan Sukaraja,”imbuhnya. Sarjan membeberkan, pada tanggal 12 April pendistribusian pada Kecamatan Lubuk sandi dan Sukaraja. Tanggal 13 April pendistribusian ke Kecamatan Ulu Talo dan Talo Serta Air Periukan. Tanggal 14 April dilanjutkan penditribusian pada Kecamatan Talo Kecil, Ilir Talo dan Seluma Utara. Terakhir tanggal 15 April adalah Kecamatan Seluma Selatan, Seluma Timur dan Seluma Barat untuk pendistribusian ini.
“Tetap dalam pengawalan kepolisian dalam pendistribusian hingga ke TPS ini,” pungkas Ketua KPU.(333)