KPU Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihaan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu membuka penerimaan rekrutmen relawan demokrasi. Anggota divisi SDM dan Sosialisasi KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah SPd MSi mengatakan, rekrutmen Relawan Demokrasi yang akan diterima ada sebanyak 55 orang untuk setiap KPU kabupaten dan kota.

“KPU Kabupaten/kota yang akan membuka rekrutmen,” terang Darlin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (11/1).

Dijelaskannya, relawan demokrasi itu sangat penting. Mengingat relawan demokrasi merupakan bagian dari ujung tobak KPU baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota dalam meyampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh KPU. “Semua dari lapasan masyarakat bisa diterima,” paparnya.

Untuk tugas lanjut Darlin, setelah selesai rekrutmen akan dibagi berdasarkan 11 segmen. Baik dari pemilih pemula, marjinal, tokoh masyarakat dan lain-lain. Nantinya, setiap simpul-simpul dari pemilih tersebut akan dilakukan trainer untuk menyampaikan pesan-pesan dari KPU.

“Apa yang kita sampaikan nantinya bisa disampaikan lagi dengan relawan demokrasi sesuai dengan simpulnya. Karena milenial, maka caranya dengan melinial,” tambah Darlin.

Untuk di Provinsi Bengkulu sendiri, pemilih milenial mencapai lebih dari 50 persen. Untuk itu, KPU se-Provinsi akan mengadakan berbagai kegiatan yang sesuai dengan keinginan dari pemilih milenial. “Salah satu contoh lomba musik/band, kemudian lomba lukisan di tembok akan kita agendakan di provinsi, kabupaten dan kota,” katanya.

Selain itu, tentu ada banyak agenda sosialisasi yang akan di lakukan oleh KPU. Seperti lari serentak se-Indonesia dan ini semua butuh dukungan dari semua pihak termasuk media, yang memiliki peran dalam memberikan informasi untuk masyarakat. “Berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi dalam memilih. Terkhusus pemilih milenial bisa sadar memilih dan menjadi bagian dari proses demokrasi yang lebih baik,” tutup Darlin. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*