KPU Bengkulu Selatan Rekrut KPPS dan Linmas

Komisioner KPU Kabupaten Bengkulu Selatan Asprian Toni

KOTA MANNA, BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan (BS) saat ini mulai merekrut Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Perlindungan Masyarakat (Limas). Adapun tenaga yang dibutuhkan untuk menjadi KPPS dan Linmas sangat banyak. Total yang dibutuhkan sebanyak 3.510 orang.

Komisioner KPU Kabupaten Bengkulu Selatan Asprian Toni kepada BE Sabtu (17/10) menuturkan, tenaga KPPs dan Linmas yang dibutuhkan itu, untuk tenaga KPPS sebanyak 2.730 orang untuk 390 tempat pemungutan suara. Kemudian, anggota Linmas sebanyak 780 orang.

”Perekrutan sudah dimulai sejak awal Oktober lalu hingga 23 November mendatang. Diutamakan warga desa setempat,” ujar Toni.

Masa kerja KPPS dan Linmas nanti selama satu bulan mulai 24 November hingga 23 Desember. Dalam perekrutan KPPS ini, sambung Asprian Toni, KPU membuka ruang laporan, masukan dan tanggapan masyarakat terhadap proses perekrutan KPPS tersebut. Sebab, syarat menjadi KPPS tidak boleh terlibat dalam partai politik seperti salah satu saksi partai ataupun tim kampanye salah satu Paslon. Untuk itu dirinya meminta jika ada laporan diharapkan harus disertai bukti yang kuat. Sebab, jika ternyata nanti KPPS terpilih ternyata terlibat parpol atau salah satu tim sukses paslon, maka KPPS terpilih tersebut diganti.

“Masukan atau laporan masyarakat terkait perekrutan KPPS disampaikan langsung secara tertulis dengan indentitas yang jelas. Masa masukan atau tanggapan pada 28 Oktober sampai 2 November. Waktu klarifikasi 3 November sampai 8 November,” terang Asprian Toni. (369)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*