KPU Bengkulu Selatan Gelar Bimtek KPPS

ASRI/BE
BIMTEK ; Komisioner KPU BS saat memberikan Bimtek kepada KPPS, Sabtu (5/12).

KOTA MANNA, BE – Agar anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) bisa menjalankan tugas dengan baik saat pencoblosan pilkada 9 Desember nanti.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan (BS), memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada para KPPS tersebut. Bimtek digelar selama 3 hari, mulai Jumat (4/12) hingga Minggu (6/12), dilakukan secara bergantian di 11 Kecamatan di BS.

“Kami gelar bimmtek secara bergantian selama 3 hari,” kata ketua KPU BS, Alpin Samsen SPt melalui anggotanya Edvan Diansari SH.

Dikatakan Edvan, bimtek pada Jumat (4/12) digelar di 4 Kecamatan, yakni Seginim, Pino, Kedurang ilir dan Kedurang. Kemudian, Sabtu (5/12), di Kecamatan Air Nipis, Ulu Manna, Bunga Mas dan Manna. sedangkan, Minggu (7/12), di Kecamatan Pino Raya, Kota Manna dan Pasar Manna.

Adapun tujuan dari bimtek ini, tambah Edvan, untuk memberikan pemahaman sedetail mungkin tentang tugas KPPS dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Dalam bimtek tersebut, sejumlah materi disampaikan, seperti pemungutan dan penghitungan suara, tanda pemberian suara sah dan tidak sah, serta teknis pemungutan suara dan penghitungan suara.

“Melalui bimtek ini kami harap KPPS paham seluruh rangkaian pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Sehingga pemilu di BS, dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Ditambahkan Edvan, setelah bimtek tersebut, KPU berencana untuk melakukan simulasi seluruh tahapan pemungutan suara, mulai pra pemungutan suara dengan mengumumkan waktu dan tempat pemungutan, mendistribusikan surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih hingga pembuatan tempat pemungutan suara (TPS), serta perekapan penghitungan suara masing-masing pasangan calon.

“Untuk Simulasi nanti kami pusatkan di kabupaten pada 7 Desember dan kami rencanakan tempatnya di Lapangan Sekundang,” demikian Edvan Diansari. (369)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*