KPU Bengkulu Efisiensi Pengadaan Bahan dan Alat Peraga Kampanye

Foto Hendrik/ BE – Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Paslon Gubernur Bengkulu diserahkan oleh KPU Provinsi Bengkulu, Jumat (30/10).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam pengadaan Bahan Kampanye (BK) dan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk 3 Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mampu menghemat anggaran mencapai ratusan juta rupiah. Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Provinsi, Darlinsyah, S.Pd, M. Si, Jum’at (30/10).

“Efisiensi anggaran dalam pengadaan APK ini tidak lepas dari mekanisme lelang yang kita lakukan. Dalam proses lelang kita berpatokan dengan sistem e-Katalog,” kata Daarlinsyah disela-sela penyerahan APK, Jumat (30/10).

Dengan sistem e-katalog itu, lanjut Darlinsyah membuat pihak ketiga yang menawar paling rendah, itulah yang menjadi pemenang lelang. Untuk APK sendiri dari pagu sekitar Rp 800 juta, efisensi anggarannya mencapai 40 persen.

“Begitu juga, dengan pengadaan BK, juga terjadi efisiensi anggaran. Sehingga dengan efisiensi itu, maka akhirnya terjadi penghematan terhadap uang negara,” ungkapnya.

Darlinsyah menambahkan, untuk BK sudah dilakukan penyerahannya beberapa waktu lalu. Jenisnya antara lain poster, pamflet, dan selebaran masing-masing Paslon 100 ribu lembar, kemudian brosur 300 lembar per Paslon.

Sedangkan, untuk hari ini pihaknya menyerahkan APK. Dengan jenis baliho ukuran 3 x 5 meter 5 buah masing-masing Paslon per Kabupaten/Kota. Kemudian umbul-umbul 5 x 1,15 meter sebanyak 15 buah masing-masing Paslon per Kecamatan, dan Spanduk berukuran 1 x 6 meter 1 buah masing-masing Paslon per kelurahan/desa se-Provinsi Bengkulu.

“Kalau untuk Paslon nomor urut 1 dan 2, ketiga jenis APK itu sudah kita serahkan. Sedangkan Paslon nomor urut 3 baru beberapa umbul-umbul saja, sisa APK lainnya menyusul dan bakal segera kita serahkan. Karena pengadaan APK dengan jumlah tersebut merupakan kewajiban kita sebagai penyelenggara untuk memfasilitas atau menyediakan,” tutupnya.(HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*