KPU Bengkulu Anggarkan Rp 8,3 M untuk APD

Foto Hendrik/ BE – Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra,

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menganggarkan Rp 8,3 miliar untuk pembelian APD (Alat Pelindung Diri) pada pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Pasalnya, pembelian APD sebaga persiapan awal KPU untuk pelaksanaan pilkada di masa pandemi covid-19.

“Anggaran senilai Rp 8,3 miliar tersebut
terkait pelaksanaan Pilkada serentak nanti dalam kondisi Covid-19, agar dapat memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, Selasa (23/6).

Irwan mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada dalam masa Covid-19 ini, pihak KPU telah mengusulkan tambahan dana ke pemerintah pusat untuk pembelian APD. Nantinya, anggaran untuk APD tersebut bersumber dari APBN.

“Mengingat dari APBD Provinsi Bengkulu sebelumnya telah menganggarkan Rp 110 M melalui NPHD untuk KPU Bengkulu, yang tidak mungkin lagi kita minta tambahan tersebut,” terangnya.

Selain itu Irwan menambahkan, KPU Bengkulu juga akan melakukan penambahan TPS guna mengurangi kerumunan massa saat pencoblosan nantinya. Jumlah penambahan TPS nantinya mencapai 304. Sebelumnya jumlah TPS yang ditetapkan adalah 4.037. (HBN)