KPU Ajak Pelajar Mencoblos

IRUL/Bengkulu Ekspress
SOSIALISASI: KPU Kaur saat menggelar sosialisasi pemilih pemula atau goes to school di SMA 2 Kaur, Selasa (25/9).

Goes To School di 3 Sekolah

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di kalangan pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur gencar melaksanakan sosialisasi yang bertajuk “KPU Goes To School” ke beberapa sekolah di Kabupaten Kaur. Selasa kemarin (25/9), KPU menyambangi 3 sekolah diantaranya SMA 1 Kaur, SMA 2 Kaur dan SMA 5 Kaur.

“Hari ini ada tiga sekolah kita sambangi dalam program goes to scool ini, dan para pelajar merupakan pemilih pemula yang harus diberikan penjelasan atas pentingnya hak suara mereka dalam pemilihan presiden dan Pileg nanti,” kata Ketua KPU Kaur, Mexsi Resmanto SE, saat menggelar sosialiasi pemilih pemula di SMA 2 Kaur, kemarin.

Dikatakan Mexsi, pemilih pemula sendiri telah diatur dalam undang-undang nomor 10 Tahun 2008 dimana pemilih pemula adalah warga negara Indonesia yang pada hari pemilihan atau pemungutan suara adalah warga negara Indonesia yang sudah genap berusia 17 tahun dan atau lebih atau sudah kawin yang mempunyai hak pilih. KPU Kaur menyadari pentingnya sosialisasi terhadap pemilih pemula, maka mengadakan kegiatan goes to school yang menyasar sekolah-sekolah menengah atas dan kejuruan di Kaur ini.

“Salah satu syarat menyalurkan hak pilih, sudah berusia 17 tahun atau telah melakukan perkaman e-KTP. Kami harap bagi adik-adik yang sudah berusia 17 tahun, segeralah lakukan perekaman e-KTP, agar tercatat di DPT,” harapnya.

Ditambahkannya, ini selain bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih dikalangan pemilih pemula juga bertujuan untuk memberikan pendidikan pemilih kepada anak-anak sekolah yang baru mulai memasuki usia politik untuk mau berdemokrasi secara sehat dan cerdas.

“Melalui kegiatan ini kita mengajak seluruh siswa, agar menjadi pemilih pemula yang cerdas dan berdaulat. Juga pemilih pemula ini diharapkan bisa juga jadi agen KPU Kaur untuk mensosialisasikan Pemilu Pilpres dan Pileg 2019 dalam lingkungan keluarganya,” jelasnya. (618)