KPP Pratama Curup

Ary/Bengkulu Ekspress Peserta pelatihan penyusan laporan keuangan koperasi yang dilaksanakan KPP Pratama Curup dan Dinas Perdagangan Koperasi UMKN dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong.

Latih Koperasi Susun Laporan Keuangan

CURUP, Bengkulu Ekspress– Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Curup kembali menunjukkan kepeduliannya kepada badan usaha yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satunya dengan memberikan pelatihan cara menyusun laporan keuangan yang baik kepada koperasi yang ada di Rejang Lebong. Pelatihan penyusunan laporan keuangan koperasi yang dilaksanakan di Aula KPP Pratama Curup, Kamis (14/3) kemarin. KPP Pratama Curup bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini, untuk memberikan pemahaman terkait cara menyusun laporan yang baik kepada koperasi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” sampai Plt Kepala KPP Pratama Curup, Mawad Sri Basoeki disela-sela kegiatan kemarin.

Dijelaskan Mawad, dalam kegiatan tersebut mereka menggandeng Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong, juga untuk memberikan pemahaman yang baik kepada para pelaku koperasi terkait dengan fungsi serta tujuan dari koperasi itu sendiri, sehingga KPP Pratama berharap koperasi-koperasi yang ada di Rejang Lebong terus eksis dan menjadi salah satu motor penggerak ekonomi rakyat.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita juga mengharap para pelaku kopreras bisa merefresh pengetahuan mereka tentang koperasi, sehingga koperasi mereka bisa tetap eksis,” harap Mawad.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Mawad, selain dilatih untuk membuat laporan keuangan, para pelaku koperasi juga akan dilatih belajar menyampaikan SPT badan hukum, sehingga para pelaku koperasi bisa segera menyampaikan SPT Tahunan koperasi mereka lebih awal karena memang untuk penyampaian SPT Tahunan badan hukum akan berakhir pada 30 April mendatang. “Dengan adanya kegiatan ini, kita berharpa bisa meningkatkan kepada koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sesuai dengan perundang-undangan koperasi dan perpajakan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Makhfal juga menjelaskan bahwa saat ini peran pajak untuk pembangunan sangat besar, dimana lebih dari 80 persen pendapatan negara berasal dari pajak. Oleh karena itu ia mengajak seluruh yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk rajin membayar pajak. Menurut Makhfal, kemajuan suatu negara akan tergantung dengan partisipasi masyarakatnya dalam membayar pajak, sama halnya dengan koperasi, dimana menurutnya kemajuan koperasi akan tergantung dengan anggotanya, bila anggotanya rajin membayar iuran maka dipastikan koperasi tersebut akan maju, begitu juga sebaliknya bila anggotanya malas-malasan membayar iuran maka koperasi tersebut tak akan maju malah akan bangkrut.



Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong, Masdalena SE MM berharap para pengurus koperasi yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk memanfaatkan kegiatan tersebut sebai mungkin. “Kegiatan ini untuk kita sharing bersama-sama, jadi sampaikan semua keluhan kawan-kawan terutama mengenai pajak, sehingga nantinya diharapkan ada solusi,” harap Masdalna.

Dalam sambutannya, Masdaleni juga menyampaikan pentingnya peran pajak untuk bangsa Indonesia, dimana menurutnya sebagian besar sumber penghasilan negara dari pajak. Oleh karena itu ia mengajak seluruh pengurus koperasi yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk taat membayar pajak.(251)