KPK Terima 2.229 laporan Terkait Bansos

Foto IST/ BE – Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI hingga 22 Maret 2021 menerima total 2.229 laporan dari 1.906 pelapor yang disampaikan melalui aplikasi JAGA Bansos. Hal itu dikatakan Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati┬ádalam forum 2021 OECD Global Anti-corruption & Integrity, Selasa malam (23/3).

“Laporan tersebut ditujukan kepada 299 pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten/kota. Keluhan yang paling banyak disampaikan adalah tidak menerima bantuan,” kata Ipi dalam keterangan tertulisnya.

Ipi mengatakan, sebanyak 680 laporan telah selesai ditindaklanjuti. Selebihnya sedang dalam proses tindak lanjut dan verifikasi.

“Tidak hanya terkait bansos untuk masyarakat umum, JAGA Bansos juga menerima pengaduan terkait Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (Bansos UMKM),” ujarnya.

Ia menjelaskan, JAGA Bansos diluncurkan KPK sebagai respon KPK atas kebijakan dan program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 khususnya terkait program bantuan sosial. Hasil mitigasi KPK atas titik-titik rawan korupsi dalam penanganan pandemi Covid-19 salah satunya memetakan kerawanan dalam penyelenggaraan bansos.

“Selain menerima pengaduan terkait penyaluran bansos, JAGA Bansos juga memberikan literasi kepada masyarakat tentang program tersebut,” tutupnya.(HBN/Rls)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*