KPK Sisir Isi Sadapan Pembicaraan Mentan dengan Luthfi

SuswonoJAKARTA,BE-  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami peran Menteri Pertanian Suswono dalam kasus dugaan suap kuota impor daging sapi. Peran Suswono dalam kasus suap impor daging sapi akan diungkap menyusul adanya rekaman sadapan pembicaraan antara menteri yang juga kader PKS itu dengan Luthfi Hasan Ishaaq.

“Apakah pembicaraan itu secara fisik atau tidak. Kalau benar, KPK akan memvalidasi info itu,” kata juru bicara KPK Johan Budi, kepada wartawan, Rabu (6/2). “Itu harus ditelusuri,” tambahnya.

Validasi itu dianggap perlu untuk memastikan keterkaitan isi pembicaraan hasil sadapan dengan kasus suap yang kini disidik KPK. “Kan tidak harus pembicaraannya itu berkaitan dengan berniat kolusi. Karena itu perlu divalidasi,” ungkap Johan.

Sebelumnya diberitakan, KPK akan memeriksa Suswono yang disebut-sebut terlibat dalam kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi. KPK mengaku memiliki bukti rekaman pembicaraan antara Suswono dengan Luthfi.

Ketua KPK Abraham Samad mengungkapkan, rekaman hasil sadapan akan dibuka di pengadilan. Sementara Suswono akan diperiksa terkait Luthfi yang kini menjadi tersangka suap. “Iya (Suswono) akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi,” kata Abraham. (boy/jpnn)