KPK Akan Luncurkan Program Pilkada Berintegritas

RIO-KUNJUNGAN TIM KPK KE GRAHA BE (3)
Kunjungan Tim KPK Ke Graha Bengkulu Ekspress

Foto – Rio Susanto
bengkuluekspress.com РKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebuah lembaga negara  yang dipercaya oleh masyarakat mengunjungi Graha Pena Bengkulu Ekpress di Jalan Jati No129 Kota Bengkulu, kemarin. Tujuan utama KPK menyambangi kantor media massa BE guna memperkenalkan program besutan KPK, yaitu Pilkada Berintegritas 2015.

Kedatangan dua orang perwakilan KPK bidang pendidikan dan pelayanan masyarakat, Ariz Arham dan Rofi Hariyanto disambut oleh General Manager (GM) Harian BE, Sukatno SPd MM, GM BETV, M Firdaus, Manajer Iklan, Hadi Nurahman, Manajer Kerjasama, Ade Kurnia, Pemimpin Redaksi Harian BE, Suherdie Marabilie, Koordinator Liputan, Iyud Dwi Mursito dan Manajer IT Fino Felino serta karyawan lainnya di ruang Rapat BE.

Pertemuan diawali dengan Sukatno memperkenalkan sejarah harian BE. Ia menceritakan awal mula koran BE yang isinya hanya mengenai profil saja kemudian hingga saat ini berubah menjadi koran dengan format harian yang fokus pada dunia pendidikan dan politik. Selanjutnya Ketua PWI Bengkulu ini memperkenalkan sejumlah karyawan yang hadir pada saat itu.

Dalam pertemuan itu, Ariz Rahman salah satu perwakilan KPK mengatakan, dalam menyambut Pilkada serentak 2015 mendatang, lembaga negara ini akan meluncurkan program Pilkada Berintegritas. Dan Provinsi Bengkulu menjadi salah satu daerah yang menjadi lokus kegiatan tersebut karena akan menyelenggarakan Pilkada Serentak, yakni 1 Pemilihan Gubernur Pilgub dan 8 Pemilihan Bupati.
Progam besutan KPK ini akan mengadakan kerjasama dengan 3 pihak yakni calon kepala daerah sebagai peserta, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara serta Masyarakat sebagai pemilih.

“Untuk mewujudkan Pilkada Berintegritas, kami dari KPK merasa harus turun tangan dalam meng-edukasi ke tiga pihak tersebut termasuk parpol,” tambahnhya.

Selain kerjasama dari 3 pihak itu, KPK juga meminta media massa mengambil peran sebagai pengawas dalam Pilkada Serentak nanti. Kemudian, media massa juga diminta menjadi partner sosialisasi dalam menyuarakan program KPK ini.

“Kami ingin bersinergi dengan media. Sebab KPK itu hanya ada di Jakarta, tidak ada di daerah. Maka dari itu kami meminta media lokal menjadi mitra KPK,” ungkap Ariz.

Menanggapi program Pilkda Berintegritas, GM harian BE Sukatno mengungkapkan Bengkulu Ekspress siap menjadi mitra KPK dalam mewujud program tersebut, baik dalam hal sosialisasi atau pun pengawasan. Dikatakannya, Bengkulu Ekspress yang saat ini memiliki 3 jenis media sangat efektif untuk partner sosialisasi.

“Kita ada 3 media, yakni cetak Harian Bengkulu Ekspress, Elektronik BETV dan Online bengkuluelspress.com. Yang semuanya bisa menjadi media untuk sosialisasi,” tukasnya.

Adapun Pilkada Berintegritas yang dibesut oleh KPK ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin berintegritas yang dapat menciptakan kemakmuran rakyat. (Angga)