Kotak Suara Rusak Bertambah

IST/Bengkulu Ekspress
Perakitan kotak suara di gudang logistik KPU Kepahiang terus berlanjut. Jum’at kemarin (8/2) sudah 2.674 kotak suara selesai dirakit.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Hingga Jumat kemarin (8/2), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang sudah menuntaskan perakitan 2.674 kotak suara. KPU Kepahiang menuntaskan perakitan kotak suara untuk seluruh Dapil dalam Kabupaten Kepahiang dengan terakhir perakitan untuk Dapil II (Kecamatan Ujan Mas – Merigi).

Sejauh ini KPU Kepahiang telah menemukan sebanyak 3 kotak suara yang masuk dalam kategori rusak dan kemungkinan akan bertambah, lantaran perakitan kotak suara masih berlangsung. Sebelum didistribusikan, kotak suara disimpan di 2 tempat, gudang KPU Kepahiang dan gudang Kelurahan Dusun Kepahiang.

Komisioner KPU Kepahiang Supran Efendi, SSos.I mengatakan, minggu ini perakitan kotak suara akan tuntas seluruhnya. Karena sekarang hanya menyisakan untuk Dapil II saja dan prosesnya telah berlangsung. Sementara ditemukan 3 kotak suara masuk dalam kategori rusak dan telah dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Bengkulu. “Kemungkinan kotak suara yang rusak bisa bertambah, karena perakitan masih berlangsung. Kita sudah melaporkan ke KPU RI terkait temuan 3 kotak suara yang masuk kategori rusak,” kata Supran.

Dari petunjuk KPU RI itulah KPU Kepahiang akan mengambil kebijakan, apakah bisa digunakan atau tidak. Karena secara seluruhnya kotak tersebut masih bisa digunakan dan rusaknya hanya gores sedikit saja. “Kalau memang tidak bisa digunakan kebutuhan kotak suara tetap cukup karena ada kotak suara cadangan yang tersedia di KPU Kepahiang. Tapi tugas kitakan melaporkan saja, kalaupun itu bisa digunakan ya akan kita gunakan. Sebaliknya bila tidak bisa digunakan ya tidak juga jadi permasalahan,” demikian Supran. (320)