Kota Padang Terendah

Foto : IST

 Partisipasi Pemilih

CURUP, bengkuluekspress.com – Dari 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong mengungkapkan ada satu kecamatan yang partisipasi pemilihnya masih rendah. Kecamatan dengan partisipasi pemilih masih rendah tersebut adalah Kecamatan Kota Padang.

“Dari 15 kecamatan di Rejang Lebong, selama ini partisipasi pemilih yang masih rendah ada di Kecamatan Kota Padang,” sampai Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Rejang Lebong, Ujang Maman saat dikonfirmasi Senin (20/1) kemarin.

Dijelaskan Ujang, Kecamatan Kota Padang ditetapkan sebagai kecamatan dengan partisipasi pemilih terendah di Kabupaten Rejang Lebong, karena dari beberapa kali dilaksanakan pemilihan, baik pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif hingga pemilihan kepala daerah baik gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati persentase partisipasi pemilih di Kecamatan Kota Padang di bawah rata-rata 14 kecamatan lainnya.

Dijelaskan Ujang, berdasarkan data yang dimiliki KPU Rejang Lebong, dalam Pileg 2014 lalu, partisipasi pemilih di Kecamatan Kota Padang sebesar 65, 09 persen, kemudian pada Pilpres 2014 pesentase pemilihnya sebesar 52,65 persen. Kemudian Pilkada 2015 di Kabupaten Rejang Lebong lalu, partisipasi Pemilih di Kecamatan Kota Padang hanya 52,42 persen. “Begitu juga pada Pemilu serentak 2019 lalu, meskipun mengalami peningkatan namub partisipasi pemilih di Kecamatan Kota Padang masih terendah di Rejang Lebong yaitu 67,80 persen,” tambah Ujang.

Terkait selalu rendahnya partisipasi pemilih di Kecamatan Kota Padang tersebut, menurut Ujang KPU Rejang Lebong belum mengetahui pasti penyebabnya. Namun menurut Ujang masalah rwndahnya partisipasibpemilih tersebut sudah menjadi perhatian KPU Rejang Lebong. Untuk menyelesaikan masalah rendahnya partisipasi pemilih di Kecamatan Kota Padang, KPU Rejang Lebong akan membahasnya bersama sejumlah pihak terkait mulai dari camat, perangkat desa dan kelurahan hingga toloh masyarakat.

“Nanti kita akan bahas masalah ini dengan pihak terkait untuk mengtahui masalah dan mencari jalan keluarnya,” aku Ujang. Disisi lain, Ujang juga mengungkapkan upaya lain yang akan mereka lakukan yaitu memberikan forsi lebih dibandingkan kecamatan lain untuk kegiatan penyuluhan dan sosialisasi yang dilaksanakan KPU Rejang Lebong. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*