Kota Bengkulu Raih SLHD Terbaik 2012

RUDI - Walikota didampingi Sekda dan Kepala BLH menunjukkan penghargaan penyusun SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah) di ruang kerjanya.BENGKULU, BE – Prestasi membanggakan diraih Kota Bengkulu. Pemerintah Kota Bengkulu meraih penghargaan penyusun SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah) terbaik se Indonesia 2012. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI Prof Dr Balthasar Kambuaya MBA di Hotel Bidakara pada senin 10 Juni 2013. Penghargaan tersebut diterima oleh walikota H Helmi Hasan SE yang diwakili oleh Kepala BLH Kota Bengkulu Ir Fachriza. “Ini prestasi yang membanggakan yang diraih Kota bengkulu, penyerahan penghargaan ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia pada 5 juni 2013. Kita patut berbangga bahwa Kota Bengkulu merupakan daerah yang menjadi perhitungan pada skala nasional sejajar dengan daerah kabupaten kota lainnya di Indonesia,” ujar walikota H Helmi Hasan di ruang kerjanya, kamis (13/6).
Walikota mengharapkan ke depan Kota Bengkulu mendapatkan Adipura. “Ini merupakan ruang awal untuk membawa Kota Bengkulu menuju gerbang penghargaan adipura tahun depan. Semoga dengan diraihnya penghargaan ini semakin meningkatkan rasa kebersamaan warga Kota Bengkulu untuk terus giat mendukung gerakan Bengkuluku Bersih,” ujar walikota H. Helmi Hasan.
Sementara, Kepala BLH Kota Bengkulu Ir Fachriza ketika diwawancarai mengatakan bahwa Kota Bengkulu merupakan salah satu dari 20 kabupaten /kota yang mendapatkan penghargaan penyusun SLHD terbaik se Indonesia. “Dari 450an kabupaten/kota se Indonesia, Kota Bengkulu masuk di dalam 20 daerah yang meraih penghargaan penyusun SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah) terbaik se Indonesia 2012. Bahkan di Provinsi Bengkulu hanya Kota Bengkulu yang mendapatkan penghargaan tersebut,” terangnya.
Fachriza menerangkan yang menjadi parameter penilaian sehingga Kota Bengkulu mendapatkan penghargaan tersebut adalah seluruh kondisi lingkungan yang ada di Kota Bengkulu. Diantaranya kualitas lingkungan hidup mulai menunjukan perbaikan seperti pada kualitas air dan udara, laju deforestasi, kondisi pariwisata, lingkungan, kebersihan dan lain sebagainya. “Ini membuktikan bahwa kualitas lingkungan hidup kota bengkulu semakin baik dan turut mendukung program pemerintah pusat,” kata Ir Fachriza. (009/rls/adv)