Kota Bengkulu Raih 2 Penghargaan di Bidang Kesehatan

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pemerintah Kota Bengkulu. Hal ini dibuktikan dengan kembali diraihnya 2 penghargaan sekaligus dalam bidang Kesehatan berupa Manggala Karya Bhakti Husada dan penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2015 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Herwan Antoni, saat diwawanc11216566_1489266924716474_5211561363011739094_narai di ruang kerjanya, hari ini(26/11/2015), 2 penghargaan tersebut rencananya akan diberikan oleh Kementerian Kesehatan, besok, Jumat (27/11/2015) di Hotel Bidakara, Jakarta. “Penghargaan ini akan diserahkan pada acara puncak Hari Kesehatan Nasional,” ujarnya.

Ditambahkanya, penghargaan ini hanya diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia yang dianggap memiliki perhatian khusus dan berkontribusi besar terhadap program-program kesehatan di daerahnya. “Kita patut berbangga karena Kota Bengkulu terpilih sebagai salah satu Kota yang berhak mendapatkan penghargaan tersebut,”.

Untuk mendapatkan penghargaan ini tidak mudah. Pasalnya ada beberapa indikator yang menjadi penilaian khusus dari tim pusat, salah satunya dilihat dari keseriusan Pemerintah Kota Bengkulu membangun Rumah Sakit Kota dengan dana APBD yang cukup besar.

Selain itu, ada beberapa program kesehatan lainnya yang berkaiatan dengan kesehatan seperti program Jemput Sakit Pulang Sehat, perda kawasan tanpa rokok, dan berbagai program di bidang kesehatan lainnya.

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa program Pemerintah Kota Bengkulu banyak sekali program-program yang telah menuai banyak apresiasi oleh Kementerian Kesehatan, sejak kepemimpinan Helmi- Linda. Diantaranya penghargaan kota sehat, dalam kategori Swasti Saba Wiwerda yaitu penghargaan setingkat lebih tinggi dari penghargaan Swasti Saba Padapa, yang sebelumnya juga pernah diraih Kota Bengkulu.

Disamping itu, setelah mendapatkan penghargaan sebagai Kota sehat kategori Swasti Saba Wiwerda, tim pusat juga akhirnya merekomendasikan, forum Pembina kota sehat Bengkulu, sebagai percontohan di Provinsi Bengkulu. (Andri)