Korem Waspadai Bencana Alam

1

BENGKULU, BE – Hujan yang mulai turun dengan intensitas sedang hingga lebat di berbagai wilayah Provinsi Bengkulu belakangan ini menandakan bahwa musim penghujan telah tiba. Pada musim penghujan ini berpotensi menyebabkan berbagai bencana alam seperti angin ribut, banjir dan tanah longsor.

Dalam rangka kesiapsiagaan operasional satuan memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam, Korem 041 Gamas Bengkulu, kemarin (27/11), menggelar rapor koordinasi (Rakor) di Balai Prajurit Jalan Pembangunan Kota Bengkulu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan SAR Nasional, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Sosial Provinsi Bengkulu dan instansi terkait lainnya. Dalam rapat itu, Pasilat Korem 041/Gamas Mayor Inf Sapto Ari Wibowo menyampaikan mengenai teknis dan tata cara untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa jika terjadi bencana di wilayah Provinsi Bengkulu.

“Rakor ini penting, agar kita tidak kebinggungan terhadap tindakan yang harus diambil apabila terjadi bencana,” kata Sapto Ari Wibowo.
Hal utama yang harus dilakukan oleh tim tersebut adalah menyelamatkan masyarakat yang terkena bencana, dengan mengevakuasinya ke daerah yang dianggap aman. Setelah itu baru mengamankan lokasi bencana agar harta masyarakat terkena bencana itu tidak dijarah oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Menyelamat korban bencana sangat penting, tapi mengamankan lokasi bencana juga tak tak pentingnya,” ujarnya.
Dengan adanya Rakor itu, Sapto berharap semua pihaknya akan menjalankan tugasnya tanpa mesti dikomando. Misalnya Dinas Sosial dan BPBD langsung menyalurkan bantuan, tim SAR dan TNI melakukan penyelamatan dan PMI langsung memberikan pertolongan kepada korban bencanan.

“Kita semua tidak menginginkan bencana alam itu tiba, namun kita wajib waspada dan saling bersinergi agar tidak ada korban jiwa,” tukasnya. (400)