Korem Terima Calon Bintara

Polda Bengkulu kembali membuka penerimaan bintara baru, dengan jumlah kuota 415 orang
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Korem 041/Gamas Bengkulu kembali membuka penerimaan calon Bintara PK TNI AD tahun 2018. Kepala Ajenrem 041/Gamas Bengkulu, Mayor Caj Ronal Manik SSos MH mengatakan, bagi masyarakat yang berminat untuk melakukan pedaftaran, maka bisa mengakses pendaftaran secara online melalui wabsite http://ad.rekrutmen-tni.mil.id. Pendaftaran itu dibuka dari minggu kedua bulan Februari dan akan ditutup pada tanggal 27 Agustus mendatang.

“Pendaftaran ulang dan pengambilan formulir bisa dilakukan di staf Anjrem Makorem 041/Gamas Padang Harapan Bengkulu,” terang Ronal dalam pengumumannya, kemarin (24/8).

Bagi calon pendaftar, tentu harus melengkapi semua syarat yang telah ditentukan. Seperti usia diatas 17 tahun dan maksimal 22 tahun, sehat jasmani dan rohani. Bukan mantan anggota TNI, lulusan SMA/SMK sederajat dan tinggi bandan minimal 163 cm. “Termasuk syarat administrasi seperti data diri juga wajib dilengkapi,” paparnya.

Calon pendaftar juga tidak diperbolehkan bagi yang sudah menikah. Termasuk jika nanti diterima, maka wajib membuat surat pernyataan tidak akan menikah pada proses pendidikan pertama selama 2 tahun.

“Syarat ini wajib dipenuhi dan nanti harus bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IPD) selama 10 tahun,” tambah Ronal.

Sementara itu, setelah pendaftaran beberapa pemeriksaan akan dilakukan untuk calon Bintara TNI. Seperti pemeriksaan administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi dan akademik.  “Selama proses pemerimaan caba PK TNI AD tidak dipungut biaya apapun,” tegasnya.



Dalam kesempatan itu, Ronal menegaskan, calon bintara harus bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum, maka harus bersedia untuk tidak diluluskan.  “Kalau ada yang KKN kita akan keluarkan dari pendidikan pertama,” tandas Ronal. (151)