Korem Buka Pendaftaran Taruna Akmil

 Ilustrasi/ Foto Rio
BENGKULU, BE – TNI AD kembali memberi kesempatan bagi para pemuda untuk menjadi calon taruna akademi militer (Akmil) yang akan dilantik menjadi perwira TNI AD berpangkat letnan dua. Pendaftaran telah dibuka sejak 1 April lalu dan akan ditutup 30 April mendatang.

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui website penerimaan prajurit TNI di alamat https://rekrutmen-tni.mil.id. Kemudian calon datang langsung ke Ajenrem 041 Gamas, Jalan Pembangunan nomor 3 Kota Bengkulu dengan menunjukkan dokumen-dokumen asli dan menyerahkan fotokopi masing-masing dua rangkap yang telah dilegalisir,” kata Kapenrem 041 Gamas Mayor Chk Yadi Cahyadi S.H.

Adapun persyaratan umum, yakni usia calon taruna minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada saat pendidikan 1 Agustus 2016, tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang dan tidak berkaca mata. “Berkelakuan baik serta tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang berlaku dari polres setempat, dan tidak ditato/tindik atau bekas tato/tindik,” jelasnya.

Persyaratan lainnya, lulus SMA/Madrasah Aliyah dengan ketentuan bagi yang lulus tahun 2011 nilai UN rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada nilai di bawah 6 (gabungan nilai ujian nasional dan nilai ujian sekolah).

Sedangkan untuk lulus tahun 2012, UN dengan nilai rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai ujian sekolah) minimal 7,25 dan tidak ada nilai di bawah 6.

Bagi Lulusan 2013, UN dengan rata-rata (gabungan UN dan ujian sekolah) minimal 6,87. Selanjutnya lulusan 2014, UN dengan rata-rata (gabungan UN dan US) minimal 6,25. Lulusan 2015, UN dengan rata-rata (gabungan UN dan US) minimal 60,00 dan tidak ada nilai di bawah 40,00. Sedangkan bagi lulusan Tahun 2016 akan ditentukan kemudian.

Pendaftar calon taruna Akmil ini juga bisa dengan datang langsung ketempat pendaftaran di Ajenrem 041/Gamas Bengkulu dengan menyerahakan persyarakat administrasi yang telah dilegalisir masing-masing 2 (dua) rangkap antara lain, STTB SD, SMP, SMA/MAN berikut DANEM dan NUAN, Akte Kelahiran, KTP calon dan KTP Orang tua/Wali, Kartu Keluarga orang tua/wali, skck dari Polres setempat, Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD), Surat keterangan meninggal orang tua (bagi calon yang orang tuanya sudah meninggal), Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar dan map plastik warna kuning sebanyak 2 buah.

“Bagi calon yang masih dudu dikelas III SMA/MAN, agar melampirkan rapor kelas I sampai kelas III semester 1 sampai 5 serta membawa surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III dan terdaftar sebagai peserta UAN,” terang Yadi.

Kapen juga menuturkan, pada waktu mendaftar calon diharuskan berpakaian rapi dan bersepatu. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh pada tempat pendaftaran, hal-hal lain yang belum jelas atau kurang dimengerti dapat ditanyakan pada waktu pendaftaran.

“Pendaftaran untuk menjadi Prajurit TNI AD tidak dipungut biaya apapun dan tidak ada unsur KKN serta penyuapan,” pungkasnya.(rls)