Korban Kebakaran Dapat Bantuan

bantuanCURUP TENGAH, BE – Kebakaran yang menimpa 35 kepala keluarga di jalan Zainal Abidin Kelurahan Kepala Siring Kecamatan Curup Tengah mendapatkan perhatian serius Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL). Sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu (29/06) Bupati RL H Suherman SE MM bersama intansi terkait langsung mengunjungi lokasi kebakaran.
Kepala daerah bergelar adat Rajo Pejenjang Bumei itu meninjau kondisi korban kebakaran dan tempat tinggal yang ludes dilalap dijago merah, Kamis malam lalu (27/06). Bupati selanjutnya memberikan bantuan kepada korban kebakaran diantaranya berupa uang sebesar Rp 2,5 juta dari Pemkab RL dan Rp 2 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RL kepada 10 orang korban rusak berat. Bantuan juga diberikan kepada 25 korban rusak ringan senilai Rp 1 juta dari Baznas dan Rp 1 juta dari Pemkab RL, serta bantuan alat rumah tangga, sembako dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, PMI Cabang RL dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) RL.
Dalam arahanya Bupati berharap korban bencana kebakaran bisa tabah menghadapi musibah yang dihadapinya, dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan. “Dengan bantuan yang diberikan, kita harapkan aman berguna bagi para korban untuk kembali bangkit dari cobaan hidup yang berikan Tuhan,” kata Suherman.
Selain itu bupati minta peristiwa ini menjadi pelajaran bagi warga lainnya sebisa mungkin meminimalisir kebakaran yang diakibatkan kelalaian. Pantauan wartawan, para korban kebakaran telah dievakuasi di rumah kerabat terdekat, meski tidak lagi memiliki harta benda karena tidak sempat diselamatkan. Selain itu, juga tampak beberapa pemulung cilik dengan berbekal karung sibuk berada di lokasi kebakaran untuk mengais sisa-sisa kebakaran yang mungkin masih bisa dimanfaatkan. (999)