Koran Bengkulu Ekspress Terbaik Nasional

Wakili Bengkulu dan Sumatera

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Harian Bengkulu Ekspress (BE) berhasil menjadi koran terbaik tingkat nasional kategori The Best of Infographics Newspaper Print Media Awards (IPMA) tahun 2019 oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS). Penghargaan bergengsi satu tahun sekali itu, langsung diterima oleh Ganeral Manager (GM) Bengkulu Ekspress, Suherdi Marabillie SE di Surabaya, Kamis (7/2) malam.

Cover depan infografis berjudul, “Iko Bengkulu Cik” terbit 18 November 2018, menjadi kado HUT ke-50 Provinsi Bengkulu, terpilih menjadi infografics terbaik bersama pemenang lainnya, antara lain Kompas, Sindo Batam, Republika, Kalteng Pos dan Warta Kota. Setidaknya ada 371 peserta koran se-Indonesia memperebutkan penghargaan IPMA tersebut.

Tidak hanya penghargaan IPMA tahun 2019 saja, Bengkulu Ekspress tahun 2018 lalu, juga berhasil menorehkan prestasi menjadi koran terbaik se-Sumatera. Karya-karya jurnalistik yang koran Bengkulu Ekspress sertakan dalam setiap perlombaan nasional, selalu tentang potensi daerah, pembangunan, ekonomi dan wisata. Ini sekaligus bentuk komitmen koran BE, ikut serta mendukung dan mempromosikan program pembangunan daerah.

Juri IPMA dan IYRA, Nina Armando yang juga Ketua Departemen Ilmu Komunikasi FlSlP Universitas lndonesia (UI) mengatakan, sampul muka koran para peserta mengandung pesan sengat mendalam. “Tampilan yang disajikan mengadung pesan yang menohok, kuat, bahkan hingga menggugah emosi,” terang Nina.

Senada dengan Juri lain IPMA dan lYRA, Ndang Sutisna terkejut dengan kualitas ide dan kreativitas para pelaku media-media didaerah, bahkan media yang tergolong baru. “Ada media yang menciptakan ilustrasi yang menggabungkan antara unsur fotografi dengan montase. Menarik sekali,” ujar Executive Creative Director First Position Group itu.

Begitupun dengan Oscar Motulloh, juri kategori lPMA, yang saat ini sebagai Kepala Divisi Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Kantor Berita ANTARA mengaku cukup puas dengan penggambaran peristiwa yang dituangkan para peserta lewat sudut pandang fotografi. Beberapa dewan juri mengakui adanya perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ketahun.

“Perkembangannya sangat signifikan dari tahun sebelumnya yang ditampilkan oleh para peserta,” ungkap Oscar.

Sementara itu, Direktur Eksekutif SPS Pusat, Asmono Wikan mengatakan, tahun ini, kompetisi sampul muka media cetak komersial (Indonesia Print Media Awards/IPMA), memasuki usia 10 tahun. Persis satu dekade. Digagas pertama kali pada 2010 oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, IPMA menjadi barometer ajang unjuk kreativitas sampul muka media cetak komersial yang sangat kredibel. Satu-satunya di Indonesia.

“Puluhan karya sampul muka suratkabar harian, tabloid, dan majalah, berhasil memukau dewan juri dan menggapai trophy bergengsi, dari ratusan karya yang mengikuti ajang kompetisi lPMA,” jelas Asmono.

Dikatakannya, kualitas sampul muka media cetak masih teramat penting sebagai daya tarik bagi audiens untuk membaca suratkabar, tabloid, dan majalah. Sebagai pemantik literasi bagi publik. Sehingga apapun situasinya, media cetak akan terus mencari cara agar tetap eksis di tengah masyarakat. “Seraya mengupayakan agar publik tercerahkan melalui karya jurnalisme dan perwajahan yang berkualitas,” tambahnya.

Sementara itu, GM Bengkulu Ekspress, Suherdi Marabillie mengatakan, penghargan yang diraih ini tentu dihasilkan dari kerja keras redaksi, wartawan dan pracetak. Sebab, penghargaan terbaik kategori nasional itu telah sejajar dengan media nasional. “Alhamdulillah. Kerja keras bersama ini akhirnya mendapatkan hasil yang membanggakan,” ujar Suherdi.

Penghargaan yang telah didapatkan ini tentu tidak akan berhenti disitu saja. Namun demikian, Bengkulu Ekspress akan tetap memberikan kualitas pemberitaan yang nyaman untuk pembaca. Tentunya dengan tampilan yang mampu mendukung kemudahaan pembaca dalam menerima informasi secara utuh. “Kita tidak akan puas disini saja. Maka kami Bengkulu Ekspress, tetap berkomitmen memberikan karya terbaik untuk Bengkulu,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, DR H Rohidin Mersyah mengapreasi prestasi yang telah diraih oleh koran Bengkulu Ekspress. “Prestasi ini patut disyukuri dan membanggakan,” ujar Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (8/2).



Dikatakannya, prestasi yang didapatkan itu tidak didapatkan dengan mudah. Kerja keras semua managemen Bengkulu Ekspress dalam memberikan informasi pemberitaan secara utuh dan lengkap dengan data pendukung, menjadi faktor utama penghargaan tersebut dapat diraih. Untuk itu, hadirnya Bengkulu Ekspress harus tetap menjadi barometer kemajuan Bengkulu. “Kita berharap Bengkulu Ekspress bisa terus memberikan kontribusi dalam kemajuan Bengkulu,” terangnya.

Sebagai media, Rohidin meminta Bengkulu Ekspress selalu dapat memberikan informasi yang berimbang. Sehingga informasi yang didapakan, bisa mengedukasi masyarakat sebagai pembaca setia Bengkulu Ekspress. Tidak hanya itu, sebagai media pers juga bisa memberikan hiburan kepada masyarakat. “Semoga tetap bisa menjadi media informasi, edukasi sekaligus hiburan kepada masyarakat,” tambah Rohidin.

Namun terpenting, hadirnya Bengkulu Ekspress, juga terus mendukung kegiatan pembangunan di Bengkulu. Baik itu dalam bentuk pengawasan, masukan, sehingga kegiatan pembangunan di Bengkulu bisa direalisasikan. “Terpenting bisa mendukung kegiatan pembanguan Bengkulu,” tutup Rohidin. (151)