Kopli-Fahrurrozi Unggul di Pilkada Lebong


ERICK/BE
PLENO: KPU Lebong ketika menggelar rapat pleno Pilkada Lebong dan langsung penandatanganan oleh para saksi paslon.

LEBONG, bengkuluekspress.cm – Dari hasil rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong, paslon nomor urut 2 Kopli Ansori-Fahrurrozi mampu meraih sebanyak 23.655 suara. Ia unggul sebanyak 1.380 suara atau 2,1 persen dari paslon nomor 4 Teguh Raharjo Eko Purwoto-Nasirwan Toha yang mendapat suara terbanyak ke-2 sebanyak 22.275 suara. Sementara itu, untuk perolehan suara terbanyak ke-3 diraih oleh Armansyah Mursalin-Masropen Iriadi sebanya 1.5179 suara dan terakhir diraih oleh pasangan Dalhadi Umar-Wawan Fernandez dengan jumlah suara sebanyak 5.099 suara.
Ketua KPU Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidhr SE mengatakan, untuk hasil rapat pleno telah dimasukan kedalam berita acara dan dibuat Surat Keputusan (SK) hasil rapat pleno. Selanjutnya langsung dibawa ke KPU Provinsi Bengkulu.
“Hasil pleno yang telah kita lakukan, saat ini sudah kita bawa ke KPU Provinsi,” jelasnya, Rabu (16/12).

Menurutnya, dari hasil pleno yang telah dilaksanakan, memang ada perubahan hasil dari pleno tingkat Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan pleno tingkat kabupaten. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi hasil dari perolehan suara. Sebab yang diubah adalah data disabilitas yang sebelumnya telah diplenokan pada DPT.
“Sementara kawan-kawan di lapangan masih salah mempersepsikan dan inilah yang kita sesuaikan, ini statistik yang dirubah,” ujarnya.

Sementara itu, ketika ditanya apakah hasil dari pleno dapat dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika ada yang tidak menerima, Khidir menyampaikan, bahwa untuk ke MK, baru akan diterima gugatan ketika selisih angka paling besar 2 persen. Sementara saat ini selisih mencapai 2,1 persen.
“Kemungkinan tidak bisa diterima oleh MK,” ucapnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*