Kopi Stek Diperluas

kopi
foto :IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Petani minati program kopi stek, sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang telah memperluas jangkauan penyebaran kopi stek. Sudah di seluruh kecamatan se-Kabupaten Kepahiang tersentuh program andalan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat disektor pertanian tersebut dilaksanakan pemerintah.

Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan SPKP menegaskan, jika penggelontoran anggaran kopi sambung sangat membantu masyarakat. Sebab, bila harus dibiayai secara mandiri maka petani tidak akan mampu mengingat biaya kopi stek sangat mahal jika dihitung perbatang. “Bisa tiga ribu perbatangnya, jadi petani akan kesulitan untuk membiayanya. Jadi dengan adanya bantuan pemerintah sangat disambut baik petani,” ucapnya.

Pemkab Kepahiang melalui Dinas Pertanian sukses melakukan peremajaan 650 ribu batang kopi menggunakan program kopi sambung. Tahun ini ratusan ribu kopi stek atau sambung juga disalurkan pemerintah kepada puluhan kelompok tani (Poktan).

Selain dengan program bantuan pemerintah, sebagian besar petani juga sudah melaksanakan kopi stek secara mandiri. Khususnya untuk kawasan perkebunan kopi di wilayah Kecamatan Kabawetan. Bahkan sudah banyak kopi stek masyarakat panen raya dengan jumlah jauh lebih banyak dibandingkan pada pengelolaan kopi biasa. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*