Forgot Password

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Kopi selalu menjadi minuman pertama yang terlintas dipikiran saat kita merasa lelah. Tak hanya favorit generasi lawas, kopi juga dinikmati generasi milenial. Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri kopi pun maju pesat. Generasi milenial tak hanya muncul sebagai penikmat, namun ikut berperan dalam pemasaran kopi yg terus melesat bahkan menembus pasar dunia.

Tak ketinggalan, generasi milenial Bengkulu pun semakin gencar mempromosikan kopi khas Bumi Raflesia. Cita rasa kopi Bengkulu yang khas dan telah diakui di mancanegara menjadi angin segar bagi para pengusaha kopi Bengkulu.

Jenis Minuman Kopi

General Manager sekaligus Barista Kopi Gading Cempaka, Rika Kurnia Ningsih, menuturkan, ketertarikannya terjun di industri kopi muncul sejak seringkali hadir dan mencicipi berbagai jenis kopi dalam gelaran festival kopi.
Dikatakan Rika, kualitas kopi Bengkulu sudah diakui hingga ke pelosok negeri. Bahkan, pada 2018, kualitas rasa kopi Bengkulu, mendapatkan nominasi pertama dengan presentasi poin penilaian mencapai 86.

Selain itu, produksi panen kopi Bengkulu juga terbesar ketiga di Indonesia. Dalam setahun, Bengkulu mampu memproduksi hingga 70 ribu ton kopi kering jenis Robusta. Sementara, untuk jenis Arabika mencapai angka 5 ribu ton per tahunnya.

“Awalnya hanya melihat, lalu muncul ketertarikan setelah mencicipi berbagai sajian jenis kopi yang sangat enak, terutama kopi produk Bengkulu. Kalau soal pengakuan, Kopi Bengkulu sudah sangat sering mendapatkan nominasi 1 sampai 3. Baik secara kualitas maupun jumlah panennya,” ujar Rika.

YouTube video

 

Menyadari potensi yang dimiliki oleh kopi khas Bengkulu, Rika bersama komunitasnya pun gencar mempromosikan melalui sosial media dan website pribadi. Tak dapat dipungkiri, teknologi internet merupakan media terbaik untuk pemasaran produk. Selain itu, promosi juga dilakukan lewat event nasional serta destinasi digital Pasar Singgah Bung Karno. Yakni, pasar singgah yang digelar setiap minggu di halaman Rumah Bung Karno Bengkulu.

Berkat promosi tersebut menurut Rika pihaknya kebanjiran pesanan. Namun, untuk pengiriman ke luar negeri, Rika dan UKM lainnya yang belum memiliki rumah produksi sendiri sering terkendala merk dagang (MD) dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) terkait standarisasi produk. Untuk itu, ia berharap Pemerintah Provinsi Bengkulu, dapat membantu dalam memasarkan
kopi khas daerah agar bisa lebih luas dan tetap memakai brand kopi Bengkulu sendiri. Dan kedepannya, para pengusaha kopi ini ingin Pemerintah ikut ambil peran, sehingga Bengkulu bisa menjadi tuan rumah event kopi nasional.

Gubernur Dukung Branding Kopi Bengkulu

Menanggapi hal ini, Gubernur Bengkulu, DR. H. Rohidin Mersyah, mengapresiasi usaha pengusaha kopi Bengkulu dalam mempromosikan kopi Bengkulu ke kancah Internasional. Gubernur pun mengakui, meski jenis kopi sama dengan daerah lain, menurutnya kopi hasil produksi petani Bengkulu memiliki keunggulan dari sisi cita rasa. Menurutnya, kopi Bengkulu memiliki
rasa yang balance dan tidak memiliki rasa asam didalamnya. Sehingga menurutnya, wajar jika kopi Bengkulu mendapatkan predikat kopi terbaik ketiga di Indonesia.

YouTube video

 

Sementara mengenai branding kopi asli Bengkulu juga menjadi perhatian Gubernur dalam mematangkan strategi pemasaran kopi Bengkulu. Gubernur menginisiasi, agar semua kopi Bengkulu digabungkan menjadi satu branding bernama Bencoolen Coffee. Lalu branding ini nantinya akan dipatenkan menjadi kekayaan Bengkulu ke Kemenkumham.

“Kreativitas generasi milenial ini tentunya sangat kita apresiasi. Terutama mereka yang bergerak di industri kopi ini kan kreativitasnya sangat tinggi, apalagi sampai bisa menembus pasar Internasional. Kita sangat mengapresiasi hal ini. Disisi lain, masalah branding atau merk asli Kopi Bengkulu, tentunya branding ini sangat penting, agar nama kopi Bengkulu itu benar-benar mendapatkan pengakuan. Dan saat di ekspor, kita pastikan mengekspornya dengan brand asli kita,” pungkasnya.
(HBN/KOMINFO)

Perkebunan Kopi Robusta di Bengkulu

Kopi Bengkulu Ekspor 15 Ton Robusta per Bulan

Disisi lain, owner Neron Kopi Bengkulu, sekaligus Ketua Komunitas Kopi Bengkulu, Hery Supandi juga menuturkan hal senada. Menurutnya, peminat kopi Bengkulu cukup tinggi. Bahkan beberapa negara maju, sudah melakukan kontrak kerjasama untuk ekspor kopi Bengkulu.

Melalui Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Provinsi Bengkulu saja, ekspor kopi Bengkulu melalui pelabuhaan Pulau Baai telah menembus pasaran Eropa dan Australia. Hery juga menuturkan, pihaknya pun telah menandatangani kontrak kerjasama dengan Amerika Serikat. Dalam sebulan, Bengkulu mengekspor 15 ton kopi robusta ke negeri Paman Sam itu.

“Beberapa negara maju sudah kontrak untuk kita mengirim kopi Bengkulu. Salah satunya Amerika Serikat, tiap bulan kita mengirim 15 ton kopi robusta Bengkulu kesana,” papar Hery.

Setali tiga uang dengan Rika, dengan banyaknya peminat kopi Bengkulu, Hery pun berharap Pemerintah Provinsi Bengkulu ikut berperan dalam hal promosi kopi khas Bengkulu. Ia berharap kedepannya akan ada gelaran event nasional di Bengkulu yang dapat menarik kunjungan wisata ke Bengkulu sekaligus mempromosikan kopi khas Bengkulu.

Produksi Kopi Bengkulu

Sebaran Kopi Bengkulu

BMC ( Bengkulu Mountain Coffee) & Kopi Jawara Ikola Coffee
Kopi Aroma dan Kopi Cangkir Edu Coffee
Kopi Bola Dunia Bengcoolen Coffee
Kopi Dusbar Papuk Mamuk
Kopi Kawo Alam Kopi Murni
Bekawan Kopi Pamorkaton Coffee
Vilco Coffee Kopi Redjang
Kopi Kaya Kopi Camar
Sayoko Kopi Kopi Trabas
Kopi Mu Kopi Gurita
AFFI Kopi Kopi Nekbong
Kopi Bukit Barisan Kopi Lima
Rini Coffee Kopi Emas Manna
Kopi Sentosa Legend Coffee
Kopi Kito Bagus Coffee
Neron Kopi Bintuhan Coffee
Kopi Kaur Bintang Coffee
Kopi Dioba Gading Cempaka Coffee
Rapindo Coffee Konakito Coffee
Ilham Coffee

PROSES KOPI TRADISIONAL

1 PEMANENYA TIDAK SEMUA BUAH MASAK MERAH
2 PENJEMURAN KOPI DI TANAH
3 TIDAK LAGI DISORTIR BUAH DENGAN KUALITAS BAGUS
4 PENGGILINGAN KOPI MENGGUNAKAN MESIN TRADISIONAL
5 DIGORENG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TRADISIONAL
6 MENGGUNAKAN PENAMBAHAN BAHAN KOPI, SEPERTI BERAS, JAGUNG DAN GULA
7 JAGUNG DAN GULA DENGAN CARA DITUMBUK
8 HARGA PERKILO RP 55 RIBU SAMPAI RP 80 RIBU
9 BISA DIBELI DI PASAR MAUPUN DI WARUNG-WARUNG

PROSES KOPI PREMIUM

1 PEMETIKAN BUAH MASAK ATAU MERAH
2 BUAH DISORTIR UNTUK MENGATAHUI BUSUK ATAU TIDAK DENGAN CARA DIRENDAM DENGAN AIR
3 PENJEMURAN BUAH KOPI BUTUH DITEMPAT KHUSUS
4 PENCUCIAN MENGGUNAKAN TIGA METODER SEMI WASH, SEDANG DAN FULL WASH
5 FERMENTASI KOPI BASAH DAN KERING
6 PENGGILINGAN KULIT KOPI DENGAN MESIN KHUSUS
7 PENGGORENGAN MENGGUNAKAN ALAT KHUSUS YANG DILENGKAPI DENAN TEMPERATUR SUHU LEVEL ROSTING MENGGUNAKAN 3 CARA, LITE, MEDIUM DAN DRAK
8 ROSTING TIDAK MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAAN APAPUN
9 PENGGILINGAN KOPI DENGAN ALAT KHUSUS
10 HARGA SATU KILONYA UNTUK ROBUSTA MINIMAL RP 135 RIBU DAN ARABIKA RP 200 RIBU SAMPAI RP 250 RIBU
11 PEMASARAN CAFE COFFE, ONLINE, MINIMARKET, HOTEL DAN PUSAT OLEH-OLEH