Koperasi Terdampak Covid-19 di Mukomuko Dibina

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Kondisi pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi koperasi-koperasi yang aktif di wilayah Kabupaten Mukomuko. Koperasi yang berdampak di tengah pandemi corona tetap menjadi perhatian dan dibina dinas terkait.
“Kami sangat apresiasi, dengan koperasi yang masih bisa melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2020. Meskipun sepanjang tahun 2020, banyak sektor yang terkena dampak dari adanya pandemi Covid-19. Pihaknya masih terus melakukan pemantauan dan pembinaan terhadap koperasi. Agar tetap dapat terus berjalan dan memberi manfaat pada anggotanya,” demikian Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, H Herlian SSos MSi melalui Sekretaris Nurdiana SE MAP.

Menurutnya, untuk tetap kuat dan makin maju, koperasi harus berinovasi. Tidak hanya melakoni usaha yang sudah berjalan saat ini. Tetapi, juga harus memastikan seluruh anggota koperasinya tetap aktif. Selain itu, inovasi lainnya yang dapat dilakukan koperasi, dengan mengubah anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya. Seperti membuka lebar peluang bertambahnya anggota koperasi.
“Contohnya koperasi karyawan, diubah dengan bukan saja karyawan yang bisa jadi anggota koperasi. Bisa juga anggota keluarga dari karyawan tersebut dan masuk sebagai anggota koperasi,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat turut mendukung pemberdayaan koperasi. Apalagi banyak keuntungan jika masyarakat berurusan dengan koperasi yang professional. Tidak hanya itu, keuntungan yang didapat koperasi, dikembalikan ke anggota berupa pembagian sisa hasil usaha (SHU). Hal tersebut tentunya tidak akan didapat masyarakat ketika meminjam di bank. “Jika ada SHU, akan dibagikan kepada anggotanya,” ungkapnya. (900)