Koperasi Latih Kemampuan Anggota

Bakti/Bengkulu Ekspress
LATIH : Anggota kelompok Jarpuk koperasi perempuan mandiri terlihat bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan di aula kantor Camat Pondok Kelapa, kemarin (2/10).

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress– Upaya yang dilakukan Koperasi Perempuan Mandiri untuk mengembangkan usaha patut diacungi jempol. Salah satu yang dilakukan adalah memberikan pelatihan dan pembinaan kepada anggota koperasi.Tujuannya adalah agar semua anggota bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas, pengetahuan tentang perkoperasian serta mengetahui hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi. Selain itu, anggota koperasi diharapkan bisa memahami cara mengelola koperasi dengan baik dan benar.

Pelatihan terhadap anggota ini terselenggara atas kerjasama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Benteng dan Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Bengkulu. Materi disampaikan langsung oleh Drs Iskandar Hamdani selaku Ketua Dekopinwil Provinsi Bengkulu didampingi rekannya, Barlian SE.



“Kami berikan apresiasi kepada koperasi perempuan mandiri yang berada di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa. Kegiatan pelatihan kepada anggota diharapkan bisa menjadi agenda rutin,” kata Sekretaris Dinas Perindustrian, perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Benteng, Hj Sri Yurndaniah MSi.

Pantauan di lapangan, kata Sri, Koperasi Perempuan Mandiri merupakan salah satu koperasi berprestasi di Kabupaten Benteng dan bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam. Sejauh ini, koperasi ini telah memiliki sebanyak 300 orang anggota.

“Yang diberikan pelatihan adalah 23 kelompok jaringan perempuan usaha kecil (Jarpuk). Dengan harapan, ketua kelompok bisa mendistribusikan ilmu yang didapat dan menularkannya kepada semua anggota,” demikian Sri.(135)