Koperasi Ikal Smanda Mulai Menggeliat 

IST/Bengkulu Eksress Ketua Koperasi Konsumen Ikal Smanda Mahoni, Mukhlis SP dan Sekretaris Koperasi, Bustari SE foto bersama Bang Ken di kediaman Bang Ken beberapa waktu lalu.
IST/Bengkulu Eksress Ketua Koperasi Konsumen Ikal Smanda Mahoni, Mukhlis SP dan Sekretaris Koperasi, Bustari SE foto bersama Bang Ken di kediaman Bang Ken beberapa waktu lalu.

BENGKULU, Bengkulu Eksress – Setelah resmi berbadan hukum sejak 2 Oktober 2017 lalu, Koperasi Konsumen Ikatan Alumni SMA Negeri Dua (Ikal Smanda) Mahoni Kota Bengkulu terus mengepakkan sayapnya.

Saat ini, koperasi yang beralamat di Jalan Letkol Santoso Kelurahan Pasar Melintang, Kota Bengkulu ini sudah memiliki 26 orang anggota tetap dan anggota belum tetap yang jumlahnya sekitar 1000 lebih yang merupakan alumni SMAN 2.

“Untuk saat ini sudah 2 unit yang sudah terbentuk, yakni unit sembako dan simpan pinjam,” kata Ketua Koperasi Konsumen Ikal Smanda Mahoni, Mukhlis SP kepada Bengkulu Eksress, kemarin. Ia menjelaskan, sembako yang dijual-belikan koperasi tersebut tidak hanya untuk sesama anggota, tapi juga terbuka untuk masyarakat umum dengan harga jual di bawah harga pasaran. Sedangkan unit simpan pinjam diperuntukan bagi sesama anggota yang sudah mendaftar. Masyarakat juga bisa  simpan pinjam di koperasi ini, asalkan bersedia untuk menjadi anggota dengan kewajiban menyetorkan simpanan wajib dan simpanan pokok. “Untuk tahap awal ini, simpanan wajib anggota sebesar Rp 20 ribu per bulan, sedangkan simpanan pokok Rp 100 ribu,” ungkap Mukhlis yang juga mantan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini.

Mukhlis pun berkomitmen untuk mengembangkan koperasi ini menjadi koperasi besar. Hal tersebut seiring dengan anggotanya yang merupakan orang besar, seperti Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri SSos MM, Anggota DPD RI H Ahmad Kanedi SH MH, Bupati Bengkulu Tengah Dr H Ferry Ramli SH MH, Direktur Bank Mandiri Jakarta Heri Gunardi, Wakapolda Bandung Brigjen Pol Supratman MH, Dekan Fakultas Ekonomi Unib Prof Lizar Alfansi, Dekan Pertanian Unib Dr Fahrurozi dan sejumlah nama-nama besar lainnya. “Saya berharap koperasi ini sebagai penggerak ekonomi masyarakat Bengkulu, karena anggotanya merupakan orang-orang besar dan hebat,” papar Mukhlis.

Tidak hanya itu, Mukhlis pun bercita-cita koperasi ini tumbuh besar paling tidak memiliki mini market sembako, sedangkan sektor simpan pinjamnya bisa tumbuh menjadi lembaga keuangan.”Jangan khawatir mengenai dana anggota. Kita sudah punya rekening khusus, sehingga aman dan hitung-hitungnya sangat rinci,” terang Mukhlis yang aktif di Moeldoko Tani ini.Ia juga menyampaikan, dalam waktu dekat koperasi tersebut akan dibuka setiap hari untuk menanti kedatangan anggota. Untuk itu, ia mengajak seluruh anggota IKAL SMAN 2 untuk mendukung agar koperasi tersebut tumbuh besar. Mukhlis mengaku, saat ini ia tengah menata manajemen koperasi dan selalu memberikan support kepada pengurus. Mukhlis pun sudah memberikan seragam kepada pengurus. “Di sekretariat ada sekretaris yang membantu administrasi dan membuka koperasi setiap hari, bukan hanya Sabtu dan Minnggu seperti saat ini,” papar pria wiraswasta ini.

Dijelaskan, menurut AD/ART, dana koperasi berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib dan investasi. Semua ada perhitungannya dan akan menguntungkan anggota. “Sembako yang kita salurkan juga lebih murah dari harga pasaran, sehingga ini benar-benar untuk membantu anggota,” tutur Korda Hanura Bengkulu ini.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni SMAN 2 (Ikal Smanda), Ihsan Fajri SSos MM menyambut baik kehadiran koperasi tersebut dan mengapresiasi kinerja pengurusnya.Menurut Ketua DPRD Provinsi Bengkulu ini, koperasi memiliki peran penting untuk menggerakkan perekonomian masyarakat menuju masyarakat yang mapan dan sejahtera.”Kami memberikan dukungan penuh kepada pengurus untuk membesarkan koperasi ini,” ujar Ihsan.Untuk itu, Ihsan juga mengajak seluruh alumni SMAN 2 Kota Bengkulu untuk menjadi anggota tetap. Sebab, koperasi tersebut tidak bisa dibesarkan oleh pengurusnya saja tanpa dukungan dan partisipasi dari anggotanya.

“Semakin banyak anggotanya semakin cepat pula besarnya koperasi ini. Untuk itu, mari kita sama-sama menjadi anggota tetap agar koperasi ini semakin berkembang,” ajak Ihsan.Salah satu pendiri Koperasi Konsumen Ikal Smanda Mahoni, H Ahmad Kanedi SH MH juga memberikan dukungan penuh terhadap koperasi ini. Anggota DPD RI Dapil Bengkulu ini berharap Koperasi Konsumen Ikal Smanda Mahoni  bisa menjadi wadah gerakan para alum SMAN 2 untuk membangun perekonomian anggota dan masyarakat banyak. “Untuk majunya gerakan ini, maka perlu kesadaran kolektif para alumni SMAN 2 masuk sebagai anggota aktif dan memberikan dukungan sukarela serta dukungan modal usaha,” ungkap Bang Ken.

Selain itu, lanjut Bang Ken, koperasi ini juga dapat menjadi gerakan perekat persatuan dan rasa memiliki oleh alumni semua angkatan. Mulai yang pertama hingga alumni 2017 ini. “Saya yakin, dengan ribuan alumni, koperasi ini bisa jadi gerakan yang dahsyat bagi alumni,” ujar mantan Walikota Bengkulu ini. Untuk itu, Bang Ken mengimbau semua alumni untuk masuk menjadi anggota koperasi tersebut. “Mari kita semua alumni SMAN 2 Kota Bengkulu masuk menjadi anggota,” ajak pejabat negara yang dikenal merakyat ini.(**)

SUSUNAN PENGURUS
Ketua : Mukhlis SP
Sekretarus : Bustari SE
Bendahara : Idriani SE

Badan Pemeriksa
Ketua : Dehira Darsuardi SH
Sekretaris : Sri Yurdania SE MSi
Anggota : Made Sukiade SH
Unit Sembako : Korianti
Unit Simpan Pinjam : Dini Hajar