Koper CJH Berisi Dua Slop Rokok dan Kipas Angin

RIO/Bengkulu EkspressKOPER CJH: Sejumlah petugas Dinas Pemadam Kebakaran & Penyelamatan Kota Bengkulu diperbantukan dalam proses pengangkutan koper para calon jemaah haji (CJH) Kota Bengkulu dari Masjid At-Taqwa menuju Embarkasi Haji Antara Bengkulu, Selasa (9/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Koper Calon Jamaah Haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang 6 PDG sudah masuk Embarkasi Haji Antara (EHA) Bengkulu.  Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji memeriksa barang bawaan CJH dengan menggunakan mesin x-ray di Gedung Mina.

Pemeriksaan diawali dengan 92 koper Jamaah Calon Haji dari kabupaaten Bengkulu Tengah. Koper yang diangkut dengan menggunakan truk diturunkan petugas dan langsung dilakukan pemeriksaan menggunakan x-ray. Tak lama kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaaan 294 koper JCH asal kota Bengkulu.

Ratusan koper dilewatkan mesin pemindai x-ray, untuk mendeteksi sejumlah barang didalamnya. Alhasil, sejumlah koper terpaksa dibongkar karena diduga terdapat barang-barang terlarang masuk pesawat yang dibawa Jamaah. “Ada sedikitnya delapan koper dibongkar, didalam koper tersebut petugas menemukan kipas angin mini, belasan butir baterai, power bank, dua slop rokok, ” diduga berisi barang bawaan yang dilarang oleh penerbangan, ” ungkap Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama Bengkulu, Drs Bustasar MS MPd melalui Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Drs H Ramlan Karim MHi.

Padahal sosialisasi terus dilakukan agar jamaah membawa barang-barang sesuai aturan penerbangan, sosialsiasi juga sudah disampaikan petugas penerbangan saat manasik haji dikabupaten/kota. Pun begitu, masih ditemukan jamaah yang mencoba memasukkan baran-barang lainnya didalam koper.

Sementara itu kasi penyeleggara haji dan umrah Kabupaten Bengkulu Tengah, Rusman Saleh sangat menyayangkan masih adanya koper jamaah yang dibongkar petugas. Pasalnya sudah jauh-jauh hari, ia sudah mengimbau agar jamaah tidak membawa barang yang dilarang dalam penerbangan.

” Tadi ada koper jamaah Benteng ditemukan dua slop rokok, dan dalam aturanya diperbolehkan tapi jumlahnya dikurangi, sisa rokok itu akan kita sampaikan ke keluarga jamaah bersangkutan, ” katanya.

Sebanyak 92 CJH asal Bengkulu Tengah rencanya hari ini (Rabu,10/7) akan memasuki asrama Embarkasi Haji Antara Bengkulu. CJH Benteng akan diberangkatkan bersama dengan CJH asal kota Bengkulu.

40 Personel PBK Dikerahkan

Ada yang berbeda dalam pengangkutan dan penyusunan koper Jamaah Calon Haji asal Kota Bengkulu yang dikumpulkan dari masjid At-Taqwa menuju truk menuju Embarkasi Haji Antara Bengkulu. Para petugas tidak hanya didatangkan dari panitia penyelenggara haji dan umroh Kemenag Kota Bengkulu. Demi layanan prima pada tamu Allah tersebut, puluhan personil dari kantor Pamadam Kebakaran Kota Bengkulu dikerahkan di masjid At-Taqwa Kota Bengkulu.

Tim Koordinator lapangan Kantor Pamdam Kebakaran, Johan Amin menuturkan, ada 40 personil dikerahkan untuk membantu kegiatan jamaah haji, mulai bongkar muat koper jamaah, hingga kegiatan lainnya. Puluhan koper dengan seragam biru dongker tersebut sangat sigap dan antusias bekerja. “Kami diberikan tugas untuk mengangkut koper-koper jamaah dan memasukkan kedalam armada truk yang sudah disiapkan, ” katanya.

Tidak hanya di masjid At-Taqwa, puluhan personil yang bertugas secara bergantian ini pun akan menunjang beberapa kegiatan terselenggaranya pelayanan haji di kota Bengkulu.

Sementara itu kepala kementerian Agama Kota Bengkulu, Drs H Tasri MHI sangat berterimakasih atas suport dari pemerintah kota Bengkulu. Layanan yang telah diberikan pemerintah kota Bengkulu sangat membantu pelaksanaan haji 1440 Hijriah. “Kami sangat bersyukur, suport pemerintah kota sangat tinggi, selain personil mereka juga membantu dalam akomodasi transportasi jamaah calon haji kota Bengkulu menuju embarkasi haji antara Bengkulu, ” katanya.

Hal yang sama diungkapkan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Ramadhan Subhi, layanan haji harus terus ditingkatkan, dari layanan di daerah hingga ditanah suci nantinya.  Koper JCH asal kota Bengkulu berjumlah 292 orang, ada 2 koper jamaah dari Lebong yang bermutasi ke kota Bengkulu. Para JCH, yang tergabung dalam kloter 6 PDG sudah dilepas walikota, dan melakukan sholat berjamaah, tukasnya. (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*