Kontrol Pajak Lewat Tapping Box

tapping box (2)
MEDI/Bengkulu EkspressĀ 
Walikota Helmi Hasan saat memasang tapping box, kemarin (3/10).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE secara perlahan mulai melakukan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam program 100 hari kerjanya. Langkah pertama yang dilakukan yakni memasangkan Tapping Box ke seluruh wajib pajak, terutama pengusaha menengah ke atas, seperti perhotelan, restoran, bisnis hiburan dan sebagainya. Penggunaan pajak online menggunakan Tapping Box di launching di Restoran Siantar Sea Food, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, kemarin (3/10).

“Yang harus dipahami, aplikasi ini bukan mengambil keuntungan dari pengusaha. Tapi ini memang menjadi hak pemerintah, sebagai contoh, orang yang menginap di hotel akan otomatis terkena pajak saat melakukan pembayaran, pihak hotel tidak akan ada kerugian,” kata Helmi. Ia menegaskan, sistem ini sebagai wujud transparansi pembayaran pajak oleh wajib pajak, sehingga pendapatan bisa dikontrol secara langsung.

tapping box (3)
MEDI/Bengkulu EkspressĀ 
Walikota Helmi Hasan saat memasang tapping box, kemarin (3/10).

“Ini juga sebagai upaya untuk mendorong sekaligus memotivasi wajib pajak untuk taat pajak, pemerintah pun akan memberikan penghargaan kepada mereka yang taat pajak,” terangnya.



Helmi Hasan juga memaparkan, saat ini sudah ada 100 unit alat Tapping Box yang siap dipasang pada wajib pajak dan alat ini telah terpasang di 23 lokasi yang berbeda. Ada 11 lokasi lainnya sedang dalam proses, sisanya akan dipasang dalam waktu dekat.

“Alat ini terkoneksi melalui jalur internet ke mesin kasir restoran dan perhotelan. Dengan demikian, pembayaran tagihan secara otomatis terpantau. Tapping box ini akan terkoneksi langsung dengan server yang ada di Badan Pendapatan Daerah Kota Bengkulu,” pungkasnya. (805)