Kontrakan Dewan Ludes Terbakar

RATU AGUNG, BE – Sekitar pukul 10.00 WIB kemarin, Warga Sawah Lebar Baru, tepatnya di Jalan Jambu III RT 8 RW 2 dihebohkan dengan terbakarnya 1 unit rumah kontrakan disana. Rumah kontrakan 6 pintu yang terbakar ini milik Anggota DPRD Kota Bengkulu, Maras Usman SSos.

Rumah semi permanen itu ludes dilalap si jago merah.Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun penghuni rumah kontrakan berjumlah 6 KK (Kepala Keluarga) histeris. Karena tak ada barang yang bisa diselamatkan, hanya menyisakan baju dibadan saja. Begitu juga dengan   kerabat Maras Usman. Kebakaran itu meludeskan perabotan dagangan milik kakak Maras Usman, yang berjualan makanan di depan kontrakan tersebut.

Kejadian tersebut, diduga berawal dari listrik dikontrakan tersebut sering turun. Akibat pemakaian alat elektronik yang berlebihan. Sementara daya listriknya tidak mencukupi.

“Listrik di kontrakan ini memang sering sekali turun. Sebelum kejadian, berulang kali saklar listrik turun,” ungkap saksi mata, Suryani.
Penghuni kontrakan tersebut, secara bergantian menaikkan sakelar yang terus turun. Sekering itu berulang kali dinaikkan untuk menyalakan listrik. Hingga akhirnya sekering pada bagian belakang rumah milik Maras, politisi PPP itu, langsung memancarkan percikan api. Dalam waktu cepat api langsung menyambar dan membakar rumah tersebut.

Begitu mendapatkan informasi kebakaran, Kakan PBK, Ardiansyah langsung menerjunkan 6 armada PBK termasuk 1 unit mobil Rescue, guna memadamkan api tersebut. Petugas PBK cukup kesulitan saat menuju dan memadamkan api. Karena warga yang menyaksikan kebakaran itu sangat ramai. Sekitar 60 menit atau 1 jam setelah kebakaran terjadi barulah, api dapat dikuasai. Api nyaris saja menjilat bangunan Warnet, disebelah kontrakan yang terbakar tersebut. Beruntung petugas PLN cepat datang, memutuskan aliran listrik di kawasan itu. Sehingga kebakaran tidak meluas.

Akibat kebakaran itu sebanyak 6 KK penghuni rumah kontrakan itu terpaksa mengungsi. Mereka menumpang tingal di rumah keluarganya atau di rumah tetangga terdekat.
Kebakaran tersebut menyita perahatian banyak pihak. Kandidat calon Walikota Dani Hamdani terlihat menyempatkan diri mengunjungi lokasi kebakaran.

Begitu pula Caretaker Walikota Drs Sumardi,MM, sekitar pukul 11.30 WIN juga mendatangi lokasi. Ia didampingi Asisten I, Dra Rosmidar. Asisten I Pemprov ini, langsung menghubungi Dinas sosial Kota, untuk memberikan bantuan tanggap bencana 1X24 jam. Atas instruksi tersebut, bantuan makanan langsung datang.

“Data harus valid, kita minta pendataan dengan benar. Jadi nanti ketua RT harus jeli.  Nantuan yang kita berikan tidak hanya makanan. Namun juga perlengkapan , pakaian bagi anak sekolah,” tegasnya.

Usai kejadian tersebut, tim identifikasi Polres Bengkulu, langsung melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Selanjutnya polisi langsung memasang police line. Para korban kebakaran terlihat mengais sisa-sisa kebakaran mencari barang berharga milik mereka yang masih tersisa dan masih bisa dimanfaatkan.(160)