KONI Pastikan Porkab Gratis

CURUP, Bengkulu Ekspress – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rejang Lebong menegaskan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang akan digelar bulan ini gratis. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KONI Rejang Lebong, H Andrian Wahyudi SE, melalui Kabid Humas, Nunung Tri Mulyanti, SKM MM.

“Kita tegaskan bahwa pelaksanaan Porkab yang akan kita mulai pada 18 Maret mendatang gratis,” tegas Nunung.

Bahkan menurut Nunung, untuk menegaskan bahwa kegiatan Porkab tersebut gratis, KONI Rejang Lebong telah mengeluarkan surat edaran (SE) bernomor 050/KONI-RL/III/2018 tentang penegasan bahwa seluruh kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Rejang Lebong 2018 gratis, alias tidak ada pungutan apapun.

Dijelaskan Nunung, keluarnya surat edaran tersebut setelah KONI Rejang Lebong menerima laporan dari masyarakat terkait adanya proposal permohonan bantuan dana kepada masyarakat atau pemilik usaha yang mengatasnamakan panitia olahraga tingkat kecamatan di Kecamatan Curup.

“Dalam SE itu kita melarang adanya pemungutan dana untuk kegiatan Porkab, pemungutan dana tersebut baik dari atlet sendiri maupun dari masyarakat, karena kegiatan Porkab ini gratis,” tambah Nunung.

Masih menurut Nunung, seluruh kegiatan Porkab yang akan mempertandingkan 19 cabang olahraga yang dipertandingkan itu semua anggarannya di tanggung oleh KONI Rejang Lebong yang bersumber dari APBD Rejang Lebong tahun 2018.

Oleh karena itu menurut Nunung, bila ada pihak kecamatan, panitia olahraga ataupun pihak lain yang meminta dana untuk kegiatan Porkab 2018 tidak dibenarkan. Bahkan KONI Rejang Lebong meminta masyarakat atau pelaku usaha untuk tidak menanggapi permintaan bantuan dana tersebut serta melaporkannya ke KONI Rejang Lebong untuk ditindaklanjuti oleh KONI Rejang Lebong.(251)