Komitmen Kurangi Pengangguran

IST/Bengkulu Ekspress Whorkshop kebekerjaan SMK dengan tema Strategi Menyikapi Era Revolusi Industri 4.0 dalam Globalisasi Pendidikan Vokasi dilaksanakan di Aula Politeknik Raflesia Curup yang dilaksanakan MKKS SMK Rejang Lebong.

MKKS SMK Gelar Workshop Kebekerjaan

CURUP, Bengkulu Ekspress – Musyarawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Rejang Lebong terus berkomitmen untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Rejang Lebong. Pengurangan angka pengangguran tersebut terutama untuk lulusan SMK yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Ketua MKKS SMK Rejang Lebong, Asep Suparman SPi MPd menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong untuk mengurangi pengangguran tersebut yaitu dengan menggelar whorkshop kebekerjaan SMK.  Dimana kegiatan yang mengambil tema Strategi Menyikapi Era Revolusi Industri 4.0 dalam Globalisasi Pendidikan Vokasi dilaksanakan di Aula Politeknik Raflesia Curup pada Selasa (12/3) kemarin.

“Kita dari MKKS SMK terus berkomitmen untuk mengurangi angka pengangguran, khususnya dari lulusan SMK yang ada di Rejang Lebong. Salah satunya yaitu dengan menggelar whorkshop kebekerjaan SMK,” sampai Asep yang saat ini menjabat sebagai Kepala SMKN 3 Rejang Lebong saat dikonfirmasi Rabu (13/3) kemarin.

Menurut Asep, narasumber yang mereka hadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu Dr A B Susanto, MSc yaitu Direktur ASEAN-China Teacher Training and Development Center yang memiliki program kuliah di China. Kemudian Ermi, S.Pd  Kepala Cabang PT. Mardel Anugrah Internasional yaitu perusahaan yang memfasilitasi penempatan kerja di Malaysia dan Jepang. Kemudian yang ketiga perwakilan dari Bright Education Bandung yaitu perusahaan yang memiliki Program Ausbildung atau kuliah sambil kerja di Jerman.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, kegiatan yang mereka laksanakan tersebut tak hanya untuk mengurangi angka pengangguran dari lulusan SMK, namun juga untuk meningkatkan keterserapan tamatan SMK yg siap kerja di dunia kerja internasional yg digaji di atas UMR, kemudian untuk merealisasikan selogan SMK Bisa SMK Hebat yg Siap Kerja, Santun, Mandiri, Kreatif.

“Selain itu, kita juga ingin meningkatkan animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMK, karena keberhasilan kita menempatkan lulusan SMK didua kerja,” papar Asep.



Kemudian menurut Asep, yang tak kalah pentingnya dari kegiatan yang dilaksanakan MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong tersebut yaitu menyempurnakan tugas mulia Kepsek SMK yaitu bukan hanya puas dg menandatangani ijazah siswa tetapi hingga melakukan tata kelola penempatan kerja tamatan SMK. Masih menurut Asep, dalam kegiatan Workshop Kebekerjaan SMK tersebut panitia juga menghadirkan salah satu lulusan SMKN 3 Rejang Lebong atasnama Yugo.

Yugo sendiri telah dinyatakan lulus tes bahasa Jerman level A2 di Bandung beberapa hari yang lalu. Yugo sendiri, menurut Asep merupakan warga Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu. Dalam kesempatan tersebut Yugo menyampaikan testimoni tentang langkah menuju Jerman melalui program Ausbildung atau kuliah dan kerja di Jerman.

Sebelum dinyatakan lulus tes bahasa Jerman level A2 oleh dekute institut di Bandung, Yugo belajar bahasa Jerman di Bandung selama 6 bulan lebih. “Yugo bisa hadir dalam kegiatan tersebut, karena saat ini Yugo dalam proses pengurusan dokumen Paspor dan Visa sehingga kita undang untuk memotivasi 200 pelajar SMK yang hadir dalam kegiatan tersebut,” jelas Asep.(251)