Komitmen Beri Kesejahteraan Kepada Pensiunan dan ASN.

Jos Hendri
ANNIVERSARY: Branch Manager Bank Mantap Bengkulu, Davit Meringgo (Tengah) saat usai memberikan potongan tumpeng HUT Ke 5 Bank Mantap kepada Area Head Bank Mandiri Area Bengkulu, Abdul Malik (Samping Kanan) dan Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Bengkulu, Asep Ruspandi (Samping Kiri)

Bank Mantap Rayakan HUT Ke-5 Tahun

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) menapaki usianya ke-5 tahun, Kamis (23/01). Syukuran perayaan ke-5 tahun secara Nasional ini juga turut dirasakan dan sekaligus disyukuri oleh insan Bank Mantap Cabang Bengkulu yang digelar secara khitmad dan berlangsung di Kantor Cabang Bank Mantap Bengkulu Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Batu, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen, Josephus K. Triprakoso dalam sambutannya yang dibacakan langsung oleh Branch Manager Bank Mandiri Taspen Cabang Bengkulu, Davit Meringgo menyampaikan Bank Mantap sejak 5 tahun lalu, telah tercatat dalam lembaran sejarah perbankan Indonesia, bahwa Tahun 2020 merupakan tahun ke-lima perjalanan Bank Mantap sebagai Bank Joint Venture yang bergerak fokus di segmen pensiunan. Dimulai dari tidak ada, saat ini Bank Mantap telah menjadi Bank Nasional yang memiliki portofolio Kredit Pensiunan Ke-3 Terbesar secara Nasional (Di luar BPD).

“Banyak hal yang telah kita lalui bersama, rintangan dan hambatan yang menjadikan kita bersama menjadi semakin kuat dan tangguh untuk dapat terus berkarya,” katanya.

Transformasi yang telah dilalui oleh Bank Mantap meliputi berbagai aspek, dimulai dengan 100% portfolio kredit Bank Mantap hanya pada segmen Mikro dan Retail, saat ini 89% dari Portfolio kredit Bank Mantap focus pada segmen kredit pensiunan. “Starting dari 1.100 karyawan di akhir tahun 2014, saat ini Bank Mantap telah menjadi tempat berkarya bagi 2.500 karyawan yang tersebar di 34 Provins,” katanya.

Dimulai dengan 93 Kantor di Provinsi Bali, jaringan kantor Bank Mantap di akhir tahun 2019 telah berkembang menjadi 416 Kantor di 34 Provinsi. “Kami sangat bersyukur memiliki pemegang saham yang merupakan institusi terbaik dengan expertise di bidang masing-masing dan yang senantiasa mendorong, mendukung serta memberikan support sehingga Bank Mantap dapat tumbuh menjadi seperti saat ini,” katanya.

Perkembangan Bank Mantap dalam 5 (lima) tahun ini sangatlah menggembirakan, perkembangan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator, sebagai berikut , total asset yang tumbuh 14 kali lipat dibandingkan 5 (lima) tahun sebelumnya yaitu dari sekitar Rp 1,79 triliun menjadi Rp 26,95 triliun di akhir tahun 2019. Kemudian total kredit yang tumbuh 19 kali lipat dibandingkan 5 (lima) tahun sebelumnya yaitu dari sekitar Rp 920 miliar menjadi Rp 20,31 triliun di akhir tahun 2019.

Nett Profit After Tax di akhir tahun 2019 mencapai Rp. 456 miliar atau meningkat 16 lipat dibandingkan 5 (lima) tahun sebelumnya (2015) yang hanya mencapai Rp. 20,5 miliar Tahun 2020 merupakan tahun yang challenging terutama dari sisi Penghimpunan Dana karena ketatnya likuiditas yang masih kita rasakan sejak 2018 dan akan masih terus berlanjut di tahun 2020.  Pengembangan Infrastruktur dan akuisisi Dana Retail menjadi salah satu fokus kita di tahun 2020. Selain itu Bank Mantap juga akan meluncurkan New Culture dan Service yaitu TOPP (Tangguh, Optimal, Profesional dan Peduli) yang lebih Customer Oriented untuk membawa energi perubahan serta pertumbuhan Bank Mantap.

“Kita berharap pertumbuhan di tahun 2020 dapat sustain serta berimbang di seluruh Segmen Bisnis, baik Funding (khususnya dana murah), Lending maupun Support Enabler dari sisi IT, Network, People Development dengan disertai penguatan dan perbaikan di sisi Control dan Risk Management utk mengawal pertumbuhan kita ke depan, ” katanya.

Perjuangan kita belum selesai, seluruh jajaran Bank Mantap diharapkan telah memantapkan diri untuk menggapai visi menjadi Bank Pensiunan Terbaik di Indonesia di tahun 2021. Management telah menyusun Fit To Grow Strategy untuk dapat mewujudkan visi tersebut, diantaranya meliputi Jaringan mengutamakan pengembangan jaringan menggunakan Low Cost Network (Lite Capital) serta agent banking untuk dapat memberikan coverage layanan yang luas dan efisien.

Digital Banking pengembangan layanan dengan menggunakan infrastruktur digital sehingga dapat memberikan service yang lebih cepat, efisien serta memudahkan nasabah. Berkolaborasi dengan Fintech untuk dapat mengembangkan coverage layanan, baik transaksi, penghimpunan dana maupun penyaluran kredit yang lebih efisien.Persaingan ke depan akan semakin menantang, khususnya di segmen penghimpunan dana maupun penyaluran kredit pegawai aktif dan pensiunan. Kondisi likuiditas yang semakin ketat yang dimulai di awal tahun ini, yang diperkirakan akan terus berlanjut sampai dengan tahun depan merupakan tantangan bagi Bank Mantap untuk mendapatkan funding dengan beban bunga yang efisien.

Demikian halnya dengan masih belum sustain-nya kondisi ekonomi membuat perbankan berlombalomba untuk masuk ke market active income earners yang relatif lebih secure. Selama tahun 2019, Bank Mantap berhasil menunjukkan kinerja yang baik dimana komitmen Bank Mantap untuk senantiasa menghadirkan layanan terbaik kepada negeri telah membuahkan hasil dengan diraihnya penghargaan pada tahun 2019 sebagai berikut The Indonesia Institute For Corporate Governance (CGPI) Predikat Sangat Terpercaya (Most Trusted). Bank Indonesia Award Bank Pendukung UMKM Terbaik – Bank Buku 1 & 2. Anugerah Bisnis Indonesia Award 2019 Bank umum swasta non devisa terbaik.

Sementara Area Head Bank Mandiri Area Bengkulu, Abdul Malik di temui usai acara syukuran ke 5 tahun di kantor cabang Bank Mantap Bengkulu, menyampaikan bahwa menapaki usainya yang ke 5 tahun ini kami dari Bank Mandiri Bengkulu selaku holding dari Bank Mantap berharap agar semua anak perusahaan terkhususnya Bank Mantap dapat terus tumbuh sehat dan terus memberikan yang terbaik bagi para nasabahnya.

Karna bagaimanapun juga Industri bank adalah Industri kepercayaan. Kami juga akan terus membantu Bank Mantap agar bisa lebih besar lagi dari yang sekarang terutamanya Bank Mantap Cabang Bengkulu. Saat ini Bank Mantap Cabang Bengkulu terus melebarkan syapnya bahkan sampai ke Curup dan Mukomuko ini satu bukti bahwa Bank Mantap serius terhadap perkembangan perekonomian terutama untuk masyarakat, ASN, Pensiun itu bisa lebih sejahtera lagi kedepan terang, Abdul Malik.

Hadir dalam syukuran yang dimulai pada pukul 16.00 WIB lemarin sore ini Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu, Yusri. Deputy Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Rifat Pasha. Area Head Bank Mandiri Area Bengkulu, Abdul Malik. Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Bengkulu, Asep Ruspandi. Kepala Cabang PT. Asabri (Persero) Cabang Bengkulu, Yudi Cahyadi. Branch Manager Bank Mantap Bengkulu, Davit Meringgo dan seluruh Insan Bank Mantap Bengkulu. (Cik7).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*